Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menyalin data dari laptop yang windowsnya rusak

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Sesuai dengan judul posting saya diatas, menyelamatkan data dari laptop yang windowsnya rusak atau gagal booting OS. kalau menurut saya caranya ada dua, pertama dengan membongkar hardisk laptop dan memasangnya di casing SATA yang terkoneksi dengan kabel USB, atau hardisk ATA serial laptop lawas tentunya dengan casing yang suport. Tapi kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara mencopot hardisk dari laptop dan menjadikannya portable, karena disamping rumit tentunya setiap merek dan tipe mempunyai cara dan tempat yang berbeda. mungkin dimasa yang akan datang saya akan coba share. 


Selanjutnya cara kedua adalah dengan mengandalkan HIREN boot, baik yang sobat buat portable di flasdisk atau di CD (setiap orang punya style masing-masing kan :D ). sobat bisa juga membaca artikel saya Hiren Boot .

Salah satu fitur di HIREN boot yang sering saya gunakan adalah Mini XP atau XP bayangan kata sobat saya di seberang sono. Tentunya mini xp disamping digunakan untuk sistem Ghost OS juga bisa untuk menembus data Komputer yang OSnya rusak (yang saya tahu OS Windows), tapi ayolah kawan.. yang menggunakan OS debian, fedora dan varian linux lainnya tentunya mempunyai cara yang berbeda-beda (saya belum paham, hehe).

Atur firts booting ke CD/DVD drive, atau menggunakan boot option F12 dibeberapa seri laptop seperti vendor Acer dan Toshiba.
Pilih opsi yang kedua (mini xp), tergantung edisi Hiren yang sobat gunakan.
Tunggu beberapa saat hingga tampil destop Xp Hantu muncul, wkwkwkw
Explorer, cari file atau data yang dipindahkan dan copy ke flashdisk atau Hardisk Eksternal
Selesai


Moga manfaaat .....

NB : Jika tampilan drive tidak kelihatan, silahkan rubah pengaturan BIOS sata mode AHCI ke IDE, karena XP tidak mendukung sistem AHCI, itulah sebabnya kenapa XP tidak bisa ditanamkan kepada laptop yang hanya suport AHCI kecuali dengan formula dan mantera tertentu., wkwkw.



Conten Creator : DAnish Fathurrahman

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan