Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Apa itu VPS ( Virtual Private Server )

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr. wb

Sebagai pemula, atau baru belajar VPS tentunya sobat masih bingung Apa itu VPS ? ( Virtual Private Server )  adalah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private sever sehingga sebuah VPS dapat berjalan melakukan reboot, shotdown tanpa mengganggu kinerja server utama. VPS digunakan untuk mengorbitkan sebuah website yang memiliki trafik diatas 5000 visitor perhari. VPS juga digunakan untuk bisnis web hosting dengan biaya murah tanpa merendahkan kualitas, mengorbitkan Radio Online, server game, serta untuk keperluan Tuneling dalam akses internet secara gratis yang lebih dikenal dengan internet SSH. VPS yang digunakan untuk internet gratis, internet cepat, internet tanpa biaya atau bahasa lain internet tanpa pulsa tentunya harus terlebih dahulu di lakukan penginstalan Operasi Syistem atau OS seperti Centos dan Debian yang merupakan OS varian linux yang paling banyak digunakan selain Ubuntu. selanjutnya menginstall drobear di VPS debian atau install drobear di OS Centos tergantung Operasi System mana yang sudah tertanam di VPS kita. Sebenarnya dengan sudah terinstall drobear atau port 443 di VPS kita, kegiata tunelling sudah bisa dilakukan.

Akan tetapi untuk memudahkan kita sebagai pemilik server dalam menambah user di VPS, ada baiknya melakukan instalasi webmin sehingga memudahkan memanajemen setiap kegiatan yang kita lakukan di server. cara install webmin di VPS debian akan berbeda dengan cara install webmin di VPS centos. 

Sebuah VPS memiliki RAM dan Hardisk seperti halnya sebuah komputer, akan tetapi tentunya bersifat virtual. sehingga dalam harga penyewaan VPS ditentukan oleh seberapa besar RAM, Hardisk, dan lokasi server itu sendiri, semakin jauh letak server akan semakin besar ping yang akan didapat. lihat cara test speed atau kecepatan VPS. 

VPS memiliki IP tertentu dan port standar 22 untuk masuk sebagai akses admin dalam mengeksekusi server kita. kalau pengguna windows biasanya menggunakan softwate Putty untuk menerobos terminal linux. IP VPS yang menggunakan angka tersebut sebenarnya bisa kita rubah menjadi bentuk domain seperti co.vu dan tk (gratis/ free).

Dan masih banyak kegunaan VPS, namun disini saya hanya menyebutkan kegunaannya secara umum saja. untuk informasi yang lebih detail silahkan sobat bersurfing ria mengenai Apa itu VPS, Bagaimana cara menggunakan VPS dan lain sebagainya.

Demikian Semoga bermanfaat...



Riau, 09 Sya'ban 1435 H, 07 Juni 2014

Kerinduan Ramadhan Al Kareem semakin terasa
Content Creator by : DAnnish Fathurrahman 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan