Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Membuat Database di VB.60 dengan Visual Data Manager

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wb.wb

Pada tutorial pemograman VB (Visual basic) sebelumnya membuat program sederhana menghitung umur dengan VB 6.0 , pada tutorial bahasa pemograman VB kali ini kita akan bahas cara membuat dabase menggunakan visual data manager di VB (visual basic) 6.0. Visual data manager atau VisData adalah bawaan dari bahasa pemograman Visual Basic, kelebihannya adalah simple dan sederhana sehingga bagi sobat yang baru terjun di dunia pemograman VB (visual basic) VisData adalah pilihan yang tepat. Ekstensi file yang dihasilkan berbentuk format microsoft acces *.mdb. Awalnya saya kira database yang dibuat dengan VisData sama saja dengan pembuatan database di microsoft access, tetapi setelah bersurfing ria dan bertanya tanya ke mastah guru pemograman goolge, database yang di create dengan VisData tetap bisa berjalan walaupun microsoft acces dikomputer kita mengalami kerusakan. untuk sobat ingin belajar VB dari ebook silahkan baca tutorial vb .

Disamping kesederhanaan tampilan, kemudahan yang ditawarkan tetap memiliki kekurangan yaitu penyimpanan datanya sangat terbatas, jadi jika kita ingin membuat sebuah software atau program dengan visual basic suatu perusahaan atau badan usaha yang mempunyai banyak entri data, VisData bukanlah plihan yang tepat. disamping VisData juga ada Microsoft acces, MySql, Oracle yang tentunya lebih profesional dalam pengelolaan database.

Untuk membuat database menggunakan Visual data manager bawaan bahasa pemograman Visual Basic yang pada kali ini seri 6.0 ikuti langkah-langkah dibawah ini :


Add-ins + Visual Data manager


cara lengkap buat database di VB.60











Tampilan VisData, pilih version 7.9 Mdb



tutorial VB 6.0 cara membuat database dengan VisData















Buat tabel dengan terlebih dahulu klikkanan properties + New table



















Buat nama tabel, diikuti penambahan field. perhatikan type teks yang digunakan serta sizenya. lakukan sesuai dengan jumlah field yang dibutuhkan

















buat index dengan mengacu pada satu field yang kita kehendaki, ingat nama field tidakboleh sama dengan nama index. disini kita menggunakan xcode untuk mengindex field code.


















Selanjutnya Build the Table. dan pekerjaan membuat database menggunakan VB 6.0 dengan vasilitas VisData telah sukses. 










Jika pembuatan database telah sukses silahkan coba Cara koneksi database acces di Visual Basic 6.0 (VB) dengan AdoDc atau membuat program simpan, edit dan hapus di visual basic .


NB : Filed adalah identitas nama kolom dalam sebuah tabel (ini menurut bahasa saya saja yeee,, hehe).
perhatikan field, nama tabel dan nama index karena komponen ini yang akan nantinya kita sinkronkan dengan Visual basic ketika melakukan coding. demikian semoga bermanfaat.





Riau, 12 Sya'ban 1435 H/ 10 Juni 2014
Mencoba Merangkai Puzzle yang terserak
sehingga terlihat bentuk diri seberapa siapkah kita menghadapNya nanti
Content Creator by : DAnish FathurRahman



4 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan