Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menambah dan Menghapus User SSH dengan Putty

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Menambah User SSH dengan Putty - Selamat berjumpa kembali sobat di blog sederhana ini. Pada tutorial belajar VPS kali ini tentang cara membuat user SSH beserta pasword mengunakan software Putty. Pada umumnya rekan-rekan kita yang bergelut dalam bisnis SSH akan menggunakan webmin sebagai media untuk create (menambah) username beserta pasword. Namun jika sobat menyewa sebuah VPS dengan RAM rendah, maka lebih baik tidak menginstall webmin karena akan memberatkan server kita. Sehingga ujung-ujungnya koneksi akan menjadi lambat.

menambah dan menghapus user SSH dengan putty

Ketika koneksi internet tuneling melambat karena RAM yang terlalu banyak dipakai oleh aplikasi-aplikasi yang terinstall di VPS, maka langganan akun SSH kita akan komplain bahkan meberhentikan berlangganan pada server kita. Nah jika itu terjadi omset usaha bisnis SSH kita jelas akan menurun.

Oke formula-formula dibawah ini untuk melakukan penambahan user akun SSH menggunakan Putty. Perhatikan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (ingat proklamasi) hehe.

Pertama silahkan login terlebih dahulu dengan user root dan pasword root sobat. Pada contoh kali ini kita akan coba membuat akun dengan keterangan sebagai berikut :

user : danish
pasword : danishF

Maka setelah login ketikan di layar consule :

adduser danish 
passwd danishF

Dengan mengetikan perintah diatas user danish telah aktif dan selanjutnya sudah bisa di konekan dengan bitvise client SSH. Namun mengcreate user serta pasword SSH dengan cara diatas kelemahannya user tersebut masih bisa untuk mengakses terminal setingkat admin. Maka untuk membuat user SSH baru di VPS menggunkan putty sebaiknya kita batasi dengan mantra seperti dibawah ini :

useradd danish -m -s bin/false
passwd danishF

Untuk menghapus user SSH diatas gunakan formula berikut :

userdel danish

Cukup mudah bukan walaupun untuk menambah user SSH di VPS centos atau di debian sebaiknya menggunakan webmin seperti yang pernah dibahas disini cara membuat user SSH menggunakan webmin. Karena dengan software webmin kita juga bisa backup user dan pasword pelanggan akun SSH kita. Demikian tutorial menambah user SHH dengan putty, moga bermanfaat. Salam terharuh !

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan