Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengatasi Laptop Lemot

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Pernah tidak sobat mengalami laptop atau PC (personal Komputer) mengalami penurunan performa atau bahasa gaulnya lemot ? Jika ya.. berarti sobat cocok membaca artikel ini. Laptop atau komputer yang lambat jelas akan mempengaruhi pekerjaan kita yang seharusnya diselesaikan tepat waktu. Baik sistem operasi windows XP, windows 7, windows 8 maupun yang menggunakan system operasi Linux seperti debian, backtrack dan varian linux lainnya tidak tertutup kemungkinan akan mengalami masalah diatas, karena pada umumnya penyebab laptop atau komputer lambat adalah faktor internal seperti performa hadware yang tidak memadai, sistem operasi, software yang corupt maupun system registry yang telah rusak. Baca juga trik mempercepat koneksi internet.

cara mengatasi laptop, komputer lemot

Disini saya akan sedikit akan menjelaskan cara mengatasi laptop atau komputer lemot :

Coba perhatikan spesifikasi laptop atau komputer sobat dengan cara mengklik kanan MyComputer. Jika RAM komputer sobat dibawah 1 GB dan laptop atau komputer sobat masih dengan processor pentium 4, maka jangan coba-coba memakai system operasi win 7 yang membutuhkan RAM diatas 1 GB dan system processor minimal dual core. Saya analogikan seperti ini ibarat memakai motor GP 500 cc tetapi jalan yang akan ditempuh adalah pegunungan. Untuk itu system operasi (OS) untuk RAM diabawah 1 GB win XP adalah pilihan terbaik.

Banyaknya aplikasi terpasang juga akan mempengaruhi kinerja laptop dan komputer. Jadi pakailah aplikasi yang dibutuhkan saja, yang tidak perlu silahkan diuninstall dengan cara memilih start, control panel lalu pilih opsi uninstall program. Klik dua kali aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk melakukan uninstall. Sobat juga bisa memanfaatkan ccleaner yang telah kita bahas di postingan download ccleaner aplikasi ringan untuk meningkatkan performa komputer

Banyaknya aplikasi yang terbaca pada Start Up  yahoo masangger, skype maupun winamp adalah aplikasi yang otomatis run pada saat start up, silahkan nonaktifkan melalui cclearner atau memalui system configuration windows dengan menekan tombol Windows + R dan mengetikan msconfig pada Run, pilih tab start up dan hilangkan centang pada program atau software yang berjalan saat star up. 

cara mengatasi laptop lemot

Mempercepat proses start up sobat bisa melakukan setingan ini : 

cara mengatasi laptop lemot


Lakukan update Anti Virus saya sarankan sobat memakai 2 anti virus. Buatan lokal seperti smadav dan buatan luar seperti avira,AVG atau avast. kenapa memakai anti virus lokal ? karena banyak virus yang diciptakan oleh anak negeri ini yang terkadang anti virus luar tidak dapat mengenalinya dengan baik. Oh ya.. untuk anti virus AVG sobat harus memakai RAM 1 GB keatas, jika tidak bisa jadi lemotnya laptop maupun komputer sobat karena anti virus AVG yang memang banyak memakan resource RAM. 

Periksa kesehatan hardisk  adakalanya laptop atau komputer lemot karena hardisk bad sector, baca disini memperbaiki hardisk rusak atau badsector. Ciri utama dari kerusakan hardisk adalah pada saat start up yang sangat lama serta membuka sebuah aplikasi dengan waktu yang tidak wajar. singkat kata respon komputer turun drastis. Maka gunakanlah hardisk yang terbukti mempunyai performa teruji, tanpa ada bermaksud menjelekan sebuah brand, hindari hardisk dengan merek Toshiba dengan seri MK. Karena banyak laptop Toshiba dengan seri hardisk tersebut khususnya core i3 mengalami kerusakan hardisk dengan umur yang kadang masih dibawah 1,5 tahun (pengalaman). 

Reinstall Operasi system lakukan install ulang OS (operasi syastem) yang sobat gunakan. Bisa jadi telah terjadinya kerusakan system registry atau ada file windows yang sudah corupt.

Demikian sedikit tentang cara mengatasi komputer lemot, untuk tambahan silahkan sobat bersurfing ria tentang cara mengatasi laptop atau PC lemot ini. Baca juga cara memperkual sinyal modem 3G dengan sendok dapur.  

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan