Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Menghitung Luas Segitiga dengan VB 6.0

· · 0 comments
Menghitung Luas Segitiga dengan VB 6.0 - Kembali kita berjumpa walau hanya lewat kata-kata yang kami sampaikan lewat blog sederhana ini. Muda-mudahan jalinan ukhuwah diantara kita tetap terbina hingga desak nafas terhenti, amin.. Pada tutorial Visual basic (VB) 6.0 kali ini tentang tutorial membuat program menghitung luas segitiga menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0, yang pada postingan terdahulu kita telah bahas cara menghitung keliling dan luas lingkaran dengan VB 6.0 dan membuat program menghitung umur dengan VB 6.0. Dalam pembuatan program hitung luas segitiga ini tentu tidak menggunakan database sebagaimana postingan yang pernah saya tulis program simpan edit hapus dengan VB 6.0.

Sebelum membuat program menghitung luas segitiga, kita harus mengetahui rumus cara menghitung luas segitiga tersebut supaya dapat diterjemahkan kedalam bahasa pemograman yang pada kesempatan ini menggunakan Visual Basic (VB) 6.0. Adapun rumus meghitung luas segitiga adalah 1/2 x Alas x Tinggi. Ini berarti kita menggunakan tiga textbox untuk input data alas dan tinggi serta untuk menampilkan hasil. Tiga buah command button untuk mengeksekusi proses, pengosongan textbox dan comandbutton untuk keluar.

Desain programnya seperti gambar berikut :

program menghitung luas segitiga dengan VB 6.0













Silahkan copas coding dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
Const rumus = 0.5
Dim luas As Double
luas = rumus * Val(Text1.Text) * Val(Text2.Text)
Text3.Text = luas
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
Text1.SetFocus
End Sub

Private Sub Command3_Click()
 End
End Sub

Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :

program hitung luas segitiga dengan VB 6.0












Demikian tutorial program menghitung luas segitiga dengan VB 6.0 moga bermanfaat dan selamat belajar Brother ! Baca juga cara membuat database di VB 6.0 menggunakan Visual Data Manager.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan