Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas - Kertas Miring

· · 3 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas - Pernakah sobat mengalami hal demikian, tiba-tiba printer macet dan tidak bisa menarik kertas. Sungguh suatu kondisi yang kurang mengharukan bukan, hehe. Sebelum membawa printer macet dalam menarik kertas tersebut ke tukang service printer, ada baiknya mencoba beberapa mantera yang akan kita share di postingan ini. Disini saya akan bagi beberapa kategori penyebab printer tidak bisa tarik kertas dan cara mengatasinya.

1. Printer bisa menarik kertas tapi kertas selalu ditarik miring
Sehingga printer tersebut tidak dapat menyelesaikan satu print kertas full karena penarikan kertas dengan kondisi miring sehingga mengakibatkan  kertas akan terjepit. Kalau kondisi ini yang menimpa printer sobat berarti kemungkinan sebabnya ada dua :

Pertama patahnya penarik kertas atau roller sehingga proses penarikan kertas oleh printer tidak merata. Untuk masalah ini seperti sobat harus ketukang service printer untuk mengganti roller printer yang patah tersebut. Karena harus dilakukan pembongkaran total untuk memasang roller penarik kertas.

Kedua : Adanya benda yang menghalangi sehingga printer macet dan tidak dapat menarik kertas. Biasanya benda yang sering saya temukan adalah bongkahan pasir, sisa kertas yang diakibatkan oleh paper jump dan bahkan yang lebih mengharukan saya pernah menemukan belalang, duh. Kalau penyebabnya seperti ini sobat bisa mencoba mengatasinya dengan menyiapkan dua obeng kemudian mencongkel bagian tempat yang dilalui kertas dengan terlebih dahulu membuka cover printer dan mengeluarkan benda yang menghalangi kertas ketika di print.

2. Printer tidak bisa menarik kertas sedikitpun

******

Nah jika permasalahannya printer tidak dapat melakukan penarikan kertas sama sekali dan printer tidak menunjukan tanda-tanda kehidupan walaupun lampu powernya hidup dan blinking secara terus menerus, maka sobat bisa mengatasi permasalahan ini dengan cara melakukan reset dengan software pada printer tersebut. Biasanya ini disebabkan oleh catatan eeprom chipset pada mainboard sudah full dan harus dikembalikan ke nilai nol. Hindari melakukan cleaning secara berlebihan, karena tindakan tersebut akan mempercepat printer sobat terhenti sehingga harus melakukan reset ulang.
Cara mengatasi Printer tidak bisa menarik kertas, kertas miring
www.abdusatri.com
Untuk panduan reset pada printer disini ada beberapa tulisan saya yang dapat sobat jadikan sebagai pedoman :

Cara reset printer Canon ip2770
Cara reset printer Canon MP258

Demikian beberapa hal yang menyebabkan printer tidak dapat melakukan penarikan kertas dan solusi bagaimana cara memperbaikinya. Moga bermanfaat. Kayaknya sih begitu.

******

3 comments:

  1. BANG, PRINTER SAYA KALAU ABIS NARIK KERTAS SATU LEMBAR TERUS LOS GAK MAU NARIK LAGI, SOLUSINYA GMNA BANG?

    ReplyDelete
  2. Perhatikan kode eror apa yang muncul om dipanel printernya. kadang kala catatan eprom di mainboard printer dah mendekati penuh. shingga harus direset ulang. sehingga kadang bisa print kadang ga. moga membantu.

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan