Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Backup dan Restore User SSH dengan Webmin

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mudah Backup dan Restore User Ssh dengan Webmin - Selamat berjumpa kembali sobat, moga sehat selalu dan sukses dunia akhirat, amin. Pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara backup user ssh dan kemudian merestorenya kembali. Bagi sobat yang berbisnis akun SSH dan mempunyai user yang banyak, tentu akan mengalami kendala ketika VPS (virtual private server) di reinstall yang berakibat semua user yang telah kita create akan terhapus. baca cara membuat akun ssh menggunakan putty. Sehingga kita harus membuat ulang setiap user beserta paswordnya.

Jadi posting ini dikhususkan bagi teman-teman yang bergelut dalam bisnis SSH. Tapi jangan khawatir bagi sobat yang ingin memulai bisnis ini bisa baca artikel saya cara memulai bisnis SSH. Oke kembali ketopik cara backup user SSH di webmin, sehingga kita tidak pelru repot-repot lagi membuat user dan pasword baru apabila reinstall VPS atau pindah ke IP baru.

Langkah pertama silahkan masuk ke webmin di port 10000, dan masukkan user root beserta pasword. baca cara install webmin di server debian. Jika waktu mengakses webmin terjadi eror atau tidak mau terbuka. Coba ganti http menjadi https.


backup user SSH

Setelah berhasil masuk, Selanjutnya pada bagian sebelah kiri klik webmin, pilih backup confirugation file, pilih tab backup now dan pada module to backup pilih users and groups. jangan lupa pilih download in browser karena kita akan backup dan simpan dikomputer kita. Terakhir klik backup now.


cara backup dan restore user ssh di webmin




Selanjutnya pada tahap restore bagian sebelah kiri klik webmin, pilih backup confiration file, pilih tab restore now dan pada module to restore pilih users and groups. Chose file yang telah di backup dan disimpan dikomputer kita. Terakhir klik restore now.


 cara backup dan restore ssh di webmin


Demikian tutorial cara backup SSH dan restore SSH menggunakan webmin kali ini, muda-mudahan sobat terharu hihi. Sehingga ketika mau reintall VPS atau ingin memesan IP baru dapat teratasi dengan cara membackupnya terlebih dahulu dan selanjutnya melakukan restore menggunakan webmin. Baca juga cara membuat barner SSH dropbear.

2 comments:

  1. kalau di restore ke vps lain apakah bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk vps lainkan otomatis IPnya berbeda ya mas.. jadi kemungkinan ga bisa mas. tapi coba aja dulu

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan