Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel

· · 0 comments
Assalamu'alaikum,wr.wb

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel - Sebagaimana kita ketahui sebagai bentuk informasi data disamping dibuat dalam bentuk tabel juga bisa ditampilkan dalam bentuk grafik / chart. Kelebihan data yang dibuat dalam bentuk grafik adalah mudah dipahami apalagi oleh orang awam. Karena konsep warna warni bentuk dari suatu grafik menunjukan nilai besar kecilnya suatu data. Nah pada kesempatan ini saya akan posting bagaimana cara membuat grafik atau chart di Ms Excel dengan mudah.

Pembuatan grafik di Ms Excel ini dapat kita lakukan secara otomatis dengan syarat kita telah menyiapkan terlebih dahulu datanya pada sebuah tabel. Artinya jika kita mempunyai data pada sebuah tabel, maka dengan sangat mudah bisa kita convert ke bentuk grafik atau chart menggunakan microsoft excel. 

Membuat grafik secara manual tentu bisa juga dilakukan pada software microsoft excel tanpa membuat sebuah tabel data terlebih dahulu. Tapi menurut hemat saya itu mungkin tidak efektik terutama bagi sobat yang masih dalam keadaan belajar menggunakan microsoft excel.

Tabel yang akan kita gunakan kali ini adalah daftar nilai mastah cyber kuansing riau (ini mah ngaco aja, sebagai contoh, hihi) atau jika sobat sudah mempunyai data tabel dikomputernya silahkan gunakan.  Oke ikuti tutorialnya dibawah ini :

Siapkan tabelnya terlebih dahulu .


Kemudian blog tabel dengan data yang diperlukan saja. Disini kita akan blog dari cell B3 sampai cell E7 (tanpa kolom nomor) 
 



Pilih pada ribbon insert (istilah baru setelah diluncurkannya microsoft office 2007) dan plih jenis grafik yang dikehendaki. Disini saya memilih model standar pada pilihan pertama.



Selanjutnya dapat kita lihat grafik yang baru kita create seperti gambar diatas. Lakukan pemindahan posisi dengan cara mendrag (handle) ke tempat yang kita inginkan. Data yang terdapat pada tabel akan terhubung secara otomatis dengan grafik yang baru kita buat. Apabila ada data yang kita rubah maka grafik akan menyesuaikan bentuk dengan data yang kita rubah tersebut. Mudah bukan membuat grafik menggunakan excel, yang pada kasus ini saya menggunakan microsoft office Excel 2007.  Semoga yang baru atau sedang belajar microsoft excel dapat terbantu dan bermanfaat. Baca juga Cara membuat tabel di photoshop. Nah begitulah.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan