Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Nomor halaman Berbeda di Word

· · 21 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Nomor halaman Berbeda di Word - Moga kami temui rekan-rekan dalam keadaan sehat dan dalam lindunganNya. Pada tutorial Ms Office kali ini tentang cara mengatur posisi halaman atau membuat nomor halaman berbeda dalam satu file dokumen microsoft word. Nah biasanya ketika kita membuat penomoran pada dokumen word maka akan otomatis berurutan dari halaman pertama hingga tekahir dengan format yang sama. Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu file word maka jalan keluarnya adalah membuat penomoran di dokumen baru. Dan inilah yang saya lakukan dulu sebelum mengetahui cara membuat format nomor halaman berbeda dalam doc word. Baca juga Cara membuat kartu nama dengan microsoft word.

Pengaturan nomor halaman pada microsoft word biasanya terdiri dari dua format, yaitu dengan angka biasa 1,2,3,4,4 ... dan meggunakan angka romawi i, ii, iii ... Nah ketika kita membuat sebuah makalah atau menulis skripsi pada lembaran kata pengantar, daftar isi dan lembar pengesahan biasanya penomoran halamanya menggunakan format angka romawi. Sedangkan pada Bab I atau pembahasan format halamannya menggunakan angka standar. Jadi bagaimana mengatasi hal tersebut penomoran halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen Ms word ? Silahkan baca terus kebawah sob, muda-mudahan artkel ngaco ini membantu.

Yuuk kita bahas.

1. Buka file dokumen (makalah, laporan atau skripsi) yang akan kita buat format nomor halaman yang berbeda.

2. Misalnya kita akan membuat format halaman angka romawi pada tiga halaman pertama dan pada halaman selanjuntnya menggunakan format halaman angka standar yang dimulai dengan angka 1 pada halaman keempat.

cara membuat format halaman berbeda di doc word


Pada ribbon Insert --> Page number --> Format page number -->Pilih format angka romawi pada number format.OK.

3. Untuk membuat format number pada halaman keempat dan seterusnya dengan angka standar yang dimulai dari 1, silahkan letakkan kursor di halaman ke empat dan pilih ribbon page layout --> Breaks --> Next page

Tips Format halaman dengan nomor berbeda di word

4. Selanjutnya kembali pada langkah kedua untuk memasukan jenis format halaman, insert --> page numbers --> format page number. Jangan lupa seting pada start at menjadi 1 untuk memulai penomoran halaman yang dimulai dari angka satu.

Dengan melakukan tutorial membuat format halaman berbeda di word diatas maka dokumen yang telah kita buat pada halaman satu sampai halaman ketiga menggunakan format angka romawi, sedangkan halaman keempat dan seterusnya menggunakan format halaman dengan angka standar. Moga artikel mengatur nomor halaman dengan format berbeda pada microsoft word 2007 maupun versi diatasnya ini bermanfaat. Baca juga Cara membuat kop surat di excel. Nah .. Begitulah kira-kira.  

21 comments:

  1. ini penting banget sobat,,,apalagi saat membuat makalah atau skripsi......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  2. Benar om hary. makasih atas kunjungannya. Salam dari Riau juga :)

    ReplyDelete
  3. makasih artikelnya, sangat berguna banget nih

    ReplyDelete
  4. Sama-sama mas eka. kembali kasih, hehe. :D

    ReplyDelete
  5. tuh iklan di blog kamu gua klik semua heheheehe oh ya kalo boleh reqeust kasih tutorial dong agar blog bisa dikomentari lewat selullar (hape) :D

    ReplyDelete
  6. Hehehe makasih mas hiendrich.
    Wah jadi ide juga nih.

    ReplyDelete
  7. Mantab tutorialnya bro,keep blogging

    ReplyDelete
  8. sekarang mudah ya menyatukan pdf
    makasih infonya

    ReplyDelete
  9. Terimakasih, saya banyak dpt pelajaran dan masukan dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya theresia admin blog Honorer

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan