Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menghapus dan Mengatasi Virus Shortcut Secara Permanen

· · 7 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Menghapus dan Mengatasi Virus Shortcut Secara Permanen - Virus shortcut adalah salah satu jenis virus yang sangat menjengkelkan, sampai-sampai beberapa waktu lalu saya menendang kaleng roti khonguan akibat komputer saya terinfeksi, hehe. Ditandai dengan hilangnya folder dan mengantinya dengan icon shortcut. Walaupun secara umum folder tersebut bisa dibuka, akan tetapi setiap kita membuka data pada suatu folder akan mulcul jendela baru karena ulah ektensi folder kita sudah dirubah fungsi oleh virus shorcut tersebut. Menjengkelkan bukan.. Dan apabila tidak segera ditangani akan berakibat fatal terhadap laptop atau komputer kita seperti kinerja komputer melambat, mulai terinfeksinya file-file lain dan yang lebih parah membuat laptop atau komputer kita gagal booting. Sehingga muda-mudahan artikel ini bermanfaat untuk menghilangkan virus shortcut di flashsik atau komputer sobat.

Cara menghapus virus shortcut pada komputer ini saya bagi dengan dua alternatif :

1. Buka flashdisk atau drive yang terinfeksi visur shorcut (Cara manual)
Pada windows explorer pilih organize + Folder and search option, ini berfungsi untuk menampilkan file yang terhiden oleh virus shortcut.

cara basmi virus shorhcut




















Centang show hiden dan hilangkan centang pada hide protected, akan muncul jendela peringatan, pilih yes.


cara menghilangkan virus shortcut secara permanen




















Nah sekarang terlihatkan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dengan ditandai warna buram. Buka command prompt
Start + All Program + Accessories + Command Prompt

Pilih direktori yang terinfeksi virus, perhatikan saja di windows explorer. Misal drive flashdisknya G, maka ketikan G: kemudian enter. kemudian ketikan mantra dibawah ini :
attrib -s -r -h /s /d kemudian enter  

Kemudian kembali ke windows explorer dan hapus secara manual folder-folder yang terlihat aneh pada komputer atau flashdisk sobat dengan cara Shift + Delete.

2. Dengan memasang anti virus smadav 8.4 keatas, karena virus short cut telah ditambahkan pada database antivirus smadav. Selanjutnya kombinasikan dengan antivirus AVG, Untuk mendapatkannya silahkan ke sini download AVG 2014 free offline installer  Untuk alternatif komputer atau laptop yang mempunyai RAM dibawah 1 GB silahkan pilih antivirus avast atau avira.

Semoga langkah-langkah diatas dapat mengatasi dan menghapus secara permanen virus shortcut di flashdisk maupun komputer sobat. moga bermanfaat. Baca juga cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca.

7 comments:

  1. tetap kagak bisa dihilangkan secara permanen gan, ane uda scan berkali2 pake smadav. tapi setelah ane restart laptop ane itu virus masih ada. kira2 penyebabnya apaan ya gan ? virus ini pertama kali terinfeksi di laptop setelah ane masukin flashdisk ane ke komputer kantor abg ane, karna dia butuh beberapa aplikasi yg harus saya install. dan padahal di komputernya itu kagak ada ini virus, setelah ane masukin flashdisknya ke laptop ane malai lah itu ada virus create shortcut folder automatis. ane sudah tanya ke dosen DDSK ane, katanya cara terbaik untuk membasmi virus ini adalah dengan install ulang windows, berarti kita kalah dong sama itu virus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar system operasi talah terinfeksi.gunakan anti virus AVG terbaru. dan pilih scan mode DOS

      Delete
    2. Halah kebanyakan teori mbak bro. :)
      Mulai sekarang jangan gunakan smadav. Smadav itu biang virus. Gunakan avast, laptop saya bertahun-tahun tidak pernah bermasalah kalau pakai avastt. Gratis.

      Delete
    3. saya kira smadav sangat bagus untuk menghapus virus2 lokal. banyak sekali virus lokal yang tidak terdeteksi avast atau avg. kalau saya memilih mengkombinasikan smadav dengan anti virus luar. itu menurut saya m:)

      Delete
  2. Replies
    1. itu karena komputer sudah terinsfeksi parah.

      Delete
  3. Gunakan anti virus baidu Dan smadav scan tu PC secara bersamaan dengan kedua anti virus mereka akan rebutan makan tu virus tetapi folder option di centang tu sperti diatas Baru scan tu lapto,kalau masih ada autorun.inf di c Dan d klw sdh dihapus gk timbul lagi Baru coloki tu flashdisknya hapus autorun.inf,recycle Dan ke 4 shortcutnya,ITU pengalaman Saya berhasil basmi tu virus,antivirus sudah ane Coba semua,gak ada yang berhasil,tu pngalaman Saya, terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan