Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menulis Huruf dan Angka Arab di Microsoft Word

· · 11 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Menulis Huruf dan Angka Arab di Microsoft word - Bagi rekan-rekan yang masih bingung bagaimana cara menulis huruf arab di word, muda-mudahan posting ini bisa membantu. Nah disini admin akan share cara agar microsoft word bisa digunakan mengetik bahasa arab. Untuk system operasi bisa menggunakan windows XP, windows 7 dan windows 8. Cara menulis tulisan arab ini bisa rekan-rekan praktekan di semua versi microsoft word 2007, 2010 atau versi lawas. Memangnya ga ada cara lain sob untuk menulis arab di komputer. Ada sob bisa baca disini Cara menulis huruf dan angka arab secara online.

Tutorial ini mungkin sangat berguna bagi guru bahasa arab yang akan membuat soal-soal ujian atau materi pelajaran serta bagi rekan-rekan jasa ketikan yang mendapat order ketikan bahasa arab dengan microsoft word. Untuk yang menggunakan windows arabic dalam menulis bahasa arab di komputer tidak memerlukan setingan seperti yang admin share disini. Karena admin sendiri pernah memakai windows 98 arabic waktu pertama belajar komputer khususnya belajar mengetik di microsoft word. Di windows Arabic pengetikan huruf dan angka arab akan otomatis tanpa pengaturan lagi.  

Marih perhatikan formula-formula dibawah ini yang akan menyulap komputer untuk menulis huruf dan angka arab menggunakan software Microsoft word. Dalam kasus ini admin menggunakan software Microsoft Word 2007 dengan system operasi Windows Seven.

1. Langkah 1
Tambahkan fungsi bahasa arab pada keyboard. Masuk ke control panel pilih Change keyboards or other input methods. Pada tab keyboard and languages klik change keyboards. Selanjutnya pada jendela text service and input languages klik add. Mohon maaf untuk screenshot sengaja admin gabung untuk mengatasi loading page tidak terlalu berat. Silahkan buka pada tab baru untuk melihat screenshot secara detail.

Cara menulis huruf arab di Ms Word

Pada Add Input Languages pilih Arabic (Saudi Arabia) checklist Arabic (101), Arabic (102) dan Arabic (102) AZERTY.

Cara menulis angka arab di Ms Word

Pada taksbar silahkan rubah setingan kebahasa Arab. Dengan mengklik Huruf IN (Indonesia) pilih Arabic (Saudi Arabia)

Cara setting komputer untuk ngetik bahasa arab

Nah bagi rekan-rekan yang puyeng dan mumet mengingat tombol-tombol keyboard arabicnya. Silahkan aktifkan  On-Screen Keyboard. Klik Start +  All Program + Accessories + Tablet PC + Tablet PC Input Panel.

panduan menulis arab di komputer


Kalau kita ketikan angka ternyata belum ada respos sob. Marih seting lagi untuk nulis angka arabnya. Pada office button pilih word options. Pilih advanced + Pada Numeral aktifkan context.


Cara mudah mengetik arab di word 2007


Semoga artikel menulis huruf dan angka arab di microsoft word ini bermanfaat. Jangan lupa sebelum setting komputer untuk ngetik bahasa arab berdoa terlebih dahulu. Nah itu point penting yang terkadang banyak dilupakan. Oke silahkan tunggu update selanjutnya yang lebih mengharukan. Baca juga Cara membuat stempel menggunakan microsoft word. Marih !

11 comments:

  1. halo, ada buku panduan menulis huruf dan angka arab di microsoftword?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada gan. saya tidak tahu. tapi seenarnya untuk cara banyak di internet.

      Delete
  2. ترم كا سح ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Kenapa tidak ada Numeral Context dan Document view left to right di menu option advanced di ms word punya saya

    ReplyDelete
  4. kalau seting pada exel gimana carabya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengna cara diatas mas. soalnya saya juga belum pernah hehe

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan