Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Cepat Merubah Foto Menjadi Sketsa Pensil

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Merubah Foto Menjadi Sketsa Pensil - Pada artikel kali ini masih berhubungan dengan tutorial photoshop. Admin akan share tentang membuat efek sketsa pensil pada foto. Untuk merubah photo menjadi sketsa pensil kita menggunakan software adobe photoshop, bisa diterapkan pada semua versi, Cs2, Cs3, Cs4, Cs 5 atau 6. Sebenarnya banyak software-software khusus untuk merubah warna foto menjadi sketsa pensil, sebut saja software Sketch Drawer yang akan merubah hasil jepretan sobat menjadi gambar sketsa pensil yang bagus. Untuk softwarenya sobat bisa cari di om google.

Namun kehandalan Adobe Photoshop dalam mengelolah gambar atau foto juga tak diragukan. Berbagai macam efek bisa kita ciptakan dalam waktu singkat, tergantung kelihaian kita dalam memanfaatkan toolbox maupun plugin-plugin yang luar biasa. Kapan-kapan saya akan share plugin andalan saya dalam menciptakan efek foto sehingga terlihat mengharukan. Oke kembali ke topik bahasan kita, dalam membuat foto sketsa pensil ini kita akan mengambil sisi gelap pada sebuah foto untuk dijadikan dasar dalam membentuk objek gambar sketsa pensil. Jadi usahakan sobat menggunakan foto atau gambar yang memiliki backround terang untuk hasil yang maksimal. Baca juga Cara membuat teks melengkung di photoshop.

Oke disini saya menggunakan sebuah foto si neng Meuthia HabibinNur yang saya jepret sekitar dua tahun lalu dengan Nikon D3100. Fokus fotonya agak kurang ya.. hehe. Maklum sob baru belajar.   
   



Duplikat layer backround dengan Ctrl + J. Selanjutnya tekan Ctrl + Shift + U.


Lakukan duplikat kedua (maksudnya copy sob) dengan perintah yang sama Ctrl + J. Kemudian Pilih menu filter + Blur + Gaussian Blur. Untuk nilai gaussian blur, jangan terpatok dengan angka yang saya berikan seperti gambar dibawah ini. Silahkan sesuaikan dengan foto atau gambar yang sobat gunakan. Faktor kecerahan gambar sangat berpengaruh dalam menentukan nilai angka ini. Dan selanjutnya tekan Ctrl + I


 


Langka terakhir rubah model layer kebentuk color dodge. Maka setelah menerapkan formula-formula diatas, hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini :


 

 

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, untuk hasil yang maksimal dalam merubah foto menjadi sketsa pensil dengan photoshop gunakanlah foto atau gambar yang memiliki backround terang. Moga posting tentang membuat foto sketsa pensil dengan photoshop ini bermanfaat. Baca juga Cara membuat efek foto kuno menggunakan software photoshop . Nah begitulah brother. Marih.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan