Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Penyebab Komputer Sering Restart - Salam ikhlas dan selamat datang kembali sob di blog sederhana ini. Topik perbincangan kita kali ini tentang  penyebab komputer atau laptop restart sendiri dan bagaimana cara memperbaiki dan mencari solusi komputer yang sering mengalami restart. Karena kondisi tersebut cukup menjengkal apalagi kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan dengan komputer tersebut. Baca juga Mengembalikan file yang terhapus secara permanen.

cara mengatasi komputer sering restart sendiri


Dibawah ini ada beberapa yang menyebabkan komputer tiba-tiba restart sendiri serta solusi menangani masalah tersebut..

1. Komputer sering restart karena Processor  overheat (panas yang berlebihan)
Processor bisa dikatakan komponen mesin utama  yang menjadi otak pada sebuah laptop atau komputer yang bertugas memproses data dengan kecepatan tinggi. Processor yang mengalami panas yang berlebihan maka otomatis komputer akan restart dengan sendirinya.

Solusi :
Selalu pantau suhu processor di BIOS atau menggunakan software pengecekan suhu pada processor yang telah banyak bertebaran di om google atau tante yahoo.

Melakukan pengecekan secara manual pada fun (kipan pendingin). Karena overheat kebanyakan juga disebabkan saluran udara yang tersumbat menuju processor. Jika sobat belum pengalaman dalam pembongkaran komputer atau laptop, silahkan segera ke tempat service komputer terdekat, karena apabila dibiarkan secara terus menerus akan membuat processor menjadi rusak.

2. Daya Power Supply yang kurang
Biasanya ini diakibatkan karena umur power supply telah lama atau bisa juga kualitas power supply kurang sehingga ngedrop dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Solusi :
Untuk masalah ini rekomendasi saya segera menggantinya dengan power supply yang baru. Karena untuk memperbaiki power supply yang telah mengalami penurunan performance agaknya sulit.

3. Hardisk mengalami bad sector
Komputer atau laptop sering restart sendiri juga bisa diakibatkan oleh hardisk yang mengalami kerusakan secara software (bad sector)

Solusi :
Sobat bisa mencoba memperbaikinya dengan software Low Level Format yang telah saya bahas disini Cara memperbaiki hardisk bad sector.

4. Komputer sering restart diakibatkan oleh kerusakan VGA.
Untuk sobat yang hobi bermain game bersolusi tinggi seperti game GTA, saya sarankan tidak memainkannya terlalu lama pada laptop. Karena kasus yang sering saya jumpai terjadinya kerusakan chipset VGA diakibatkan game berat yang terlalu memaksa VGA laptop sehingga ujung-ujungnya layar blank.

Demikian beberapa penyebab komputer sering restart dan cara mengatasinya. Moga bermanfaat. Baca juga Cara mengatasi laptop cepat panas dan mati sendiri. Begitulah kira-kira.

4 comments:

  1. Gan, setiap saya buka facebook terus kalo di scroll kebawah kompi saya langsung restart...
    itu penyebabnya gimana ya...
    Anehnya, restart cuma pas ngescroll di beranda, klo di grup dll kaga... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali ada masalah dengan versi flash player yang digunakan tidak sinkron dengan versi browser

      Delete
    2. Owh..
      Jadi, flash playernya harus di upgrade dulu ya biar lancar lagi...

      Delete
  2. kalau om menggunakan versi flasplayer versi teranyar maka harus menggunakan browser terbaru pula. Nah disinilah banyak kasus saya jumpa ketika ada yang memakai flasplayer versi baru tapi mereka tetap menggunakan browser versi lawas. akibatnya facebook kadang terhenti tiba2. moga membantu..

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan