Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Konversi Bilangan Biner ke Desimal

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, w.wb

Bagaimana Cara Konversi Bilangan Biner ke Desimal - Selamat datang rekan-rekan di blog  mungil penuh dengan artikel ngaco ini. Kali ini tentang bagaimana cara merubah bilangan biner kedalam bentuk desimal. Sebagaimana posting yang lalu  bilangan biner adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1, dan inilah yang diadopsi komputer yang kita jalankan hari ini, ia hanya mengerti angka satu dan nol saja. Sedangkan bilangan desimal (decimal) adalah bilangan yang yang dimulai dari angka 0 sampai 9 atau disebut juga bilangan berbasis 10.

Bagaimana cara konversi bilangan biner ke bilangan desimal (decimal). Perhatikan matera berikut dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (proklamasi) :

konversi bilangan biner ke desimal

Perhatikan semua bilangan diatas dipangkatkan menjadi  berdasarkan urutan yang tertinggi. Sekarang pertanyaannya kenapa dimulai dari pangkat 3 ?. Sunguh sebuah pertanyaan yang mengharukan, duh, hehe. Sekarang kita hitung berapa karakter bilangan biner 1110 diatas = 4 karakter. Sekarang dikurangi 1 menjadi 3. Maka pemangkatan harus dimulai dari 3. Misalnya lagi 101100 = 6 karakter, kurangi 1, maka pemangkatan pada angka biner urutan pertama atau bagian paling kiri dimulai dengan pemangkatan dengan angka 5. Begitu seterusnya. 

Mengapa harus dikurangi satu gan ? karena bilangan desimal penghitungan pertama dimulai dari angka 0. Dan yang perlu rekan-rekan perhatikan juga setiap angka yang dipangkatkan dengan 0 maka hasilnya akan 0. Apakah rekan paham dengan keterangan diatas ? jika belum coba tanyakan saja pada rumput yang bergoyang, hehe. Apakah ada metode yang lebih mudah om ? ada silahkan tunggu update posting berikutnya. Kenapa ga langsung dibahas disini aja om, ssstttt !!. Supaya posting blog saya tambah banyak mas. Hadehhh. Begitulah. 

Baca juga --> Pengertian bilangan biner

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan