Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Gagal Install Win 7 di Sony VAIO

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Kenapa Install Win 7 Selalu Gagal di Sony VAIO - Selamat datang kembali rekan-rekan. Ditulisan ini mengenai Kenapa laptop Sony VAIO tidak bisa diinstall windows 7. Hal ini saya alami hari ini ketika ada seorang rekan yang ingin menginstall laptopnya dengan merek sony VAIO seri F. Awalnya saya coba dengan cara copy image yang saya sudah saya siapkan sebelumnya dalam bentuk format gho dan langsung merestorenya menggunakan software Hiren boot. Namun setelah proses ghost selesai laptop tidak mampu membaca system operasi yang baru saya ghost tersebut.

Setelah itu saya putuskan untuk melakukan install secara manual, namun proses instalasi tidak bisa dilanjutkan karena hardisk tidak terdeteksi dengan baik oleh system operasi installer windows 7 dengan mengeluarkan pesan "Windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the GPT Partition Style".

Laptop sony vaio tidak bisa dinstall windows 7 dan XP


Nah ternyata permasalahannya adalah karena system operasi windows 7 tidak suport pastisi GPT yang dianut oleh VAIO. Apalagi laptop seri ini pada bagian belakang tertulis Windows 8. GPT atau guide partition table  merupakan jenis partisi disk standar system komputer berbasis Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang menggantikan platform berbasis BIOS.

Jadi permasalahan windows 7 tidak bisa dinstall di laptop sony VAIO seri F (dan beberapa seri lainnya) karena system partisi hardisk yang ada pada laptop tersebut adaah GPT yang akan berjalan mulus di firmware UEFI. Solusinya adalah dengan mengconvert GPT ke model MBR, moga posting kedepan kita bisa bahas ini.

Tapi hal menarik yang perlu kita cermati disini saya kira, bahwa VAIO ingin menjelaskan perangkatnya akan lebih apik dengan system operasi teranyar dari microsoft yaitu windows 8 yang sudah jelas mendukung partisi GPT. Nah banyak kita lihat mereka yang mempunyai perangkat yang bagus tapi masih menyukai software yang lawas, sehingga teknogi hadware yang dimilikinya tidak dapat berjalan secara maksimal. Moga manfaat, begitulah kayaknya

Baca juga --> Cara memanfaatkan hardisk sebagai RAM komputer

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan