Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Metode Mudah Mengubah Bilangan Biner Ke Desimal

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Metode Paling Mudah Mengubah Bialangan Biner Ke Desimal - Selamat datang rekan rekan di blog mungil ini. Kali ini mengenai metode lain dalam konversi bilangan biner ke bilangan desimal. Diartikel sebelumnya tips mengubah bilangan biner ke decimal dengan metode pemangkatan. Ditulisan ini kita belajar dengan metode yang agaknya lebih mudah.

Tips mudah konversi bilangan biner ke bentuk decimal (desimal) : Perhatikan mantera dibawah ini :

tips mudah konversi bilangan biner ke desimal

Acuan perhitungan kita pada tabel diatas. Pada contoh diatas bilangan biner 00001110 = 14. Bagaimana mendapatkan angka desimal 14. Jadi setiap angka biner 1 mempunyai nilai berdasarkan urutan sesuai pada tabel diatas. Dicontoh terdapat tiga buah angka satu pada bilangan binernya. Maka nilai angka satu tersebut berdasarkan tabel diatas menjadi 2 + 4 + 8 = 14. Atau contoh lain bilangan desimal dari biner 10000001 adalah = 129. Angka 129 didapat dari 128 + 1, karena nilai 1 yang terdapat pada bilangan biner tersebut ada pada kotak pertama dan terakhir. Jadi intinya kita harus mencocokkan angkan biner 1 terletak diurutan berapa kemudian menjumlahkannya.

Jadi sebenarnya ketika kita ketikan angka 14 melalui keyboard, sebenarnya komputer tidak mengerti dengan angka tersebut, karena komputer hanya mengerti dengan angka digital biner 0 dan 1. Ketika komputer mendapat tegangan volt maka akan bernilai satu, ketika tidak maka akan bernilai 0. Untuk membentuk angka 14 proses yang terjadi dikomputer adalah 00001110. Moga keterangan diatas dapat membantu rekan-rekan. Apakah ada metode yang lebih mudah om ? ada yang lebih praktis tanpa menghitung seperti diatas, nantikan update posting selanjuntnya. Begitulah.

Baca juga --> Metode konversi bilangan biner ke desimal dengan pemangkatan

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan