Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Apa Itu Bisnis Startup ? Bagaimana Prospeknya Kedepan.

· · 2 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Pengertian Dan Contoh Bisnis Startup di Indonesia – Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. Beberapa hari ini saya banyak surfing tentang bisnis Startup yang ada di Indonesia. Mengutip dari wikipedia Startup adalah Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup, merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Belakangan ini bisnis startup lebih banyak dikaitkan pada perusahaan-perusahaan yang berbasis web dan internet. Dibawah ini ada 2 perusahaan Indonesia yang sukses dalam bisnis Startup.

1. Andrew Darwis, Founder Kaskus “The largest Indonesian Community”
Apa yang dimaksud dengan bisnis startup

Website Kaskus awalnya merupakan tugas kuliah andrew di salah satu Universitas Amerika. Modal awalnya mendirikan kaskus $ 3 atau sekitar Rp. 30.000,- untuk membeli domain. Tapi siapa sangka website yang semula hanya berisi konten informasi seputar indonesia yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang ada diluar negeri kini telah menjadi perusahaan besar berkat kerja keras Andrew. Bisa dikatakan bahwa Kaskus merupakan perusahaan Startup terbesar di tanah air.

2. Aulia Haimatussaida “ollie” co-Founder Nulisbuku dot com
langkah langkah membangun bisnis startup
Dari namanya kita sudah bisa menebak founder nulisbuku dot com adalah seorang wanita. Hobinya dalam dunia IT semenjak SMA membuat dia memutuskan mengambil jurusan IT. Banyak buku yang telah ditulis oleh beliau. Salah satunya adalah “creative blog writing” yang sempat saya sambar beberapa waktu lalu di toko buku Gramedia. Setelah lulus ia bekerja sebagai web developer.

Minatnya yang begitu tinggi dalam menulis membuat ia hengkang dari pekerjaannya dan memutuskan utuk mendirikan perusahaan startup nulisbuku dot com. Yaitu sebuah platform self publishing online Indonesia pertama. Yang membantu menerbitkan buku secara mudah. Jika rekan-rekan ingin menulis sebuah buku, tidak ada salahnya menghubungi mbak ollie untuk menerbitkannya.

Sebuah kutipan mengharukan dari Ollie “Terlepas dari jenis kelamin, semua orang bisa bekerja di dunia teknologi dan startup. Yang penting adalah keterbukaan untuk berkolaborasi dan keinginan untuk berinovasi – keduanya adalah kunci sukses di dunia startup. Dengan kolaborasi, seseorang bisa membuka kemungkinan yang tak terbatas yang akan membantu startup untuk tumbuh”

Itulah setidaknya dua perusahaan lokal yang sukses dalam menjalankan bisnis startup. Apakah rekan-rekan juga mempunyai cita-cita kedepan dalam membangun bisnis startup? Maju terus Startup Indonesia. Moga bermanfaat. Begitulah.


2 comments:

  1. Menarik sekali uraiannya, mas. kalau begitu, bisa jadi setiap blogger berpeluang mendirikan perusahaan bisnis startup ya mas?

    ReplyDelete
  2. Sangat bisa sekali pak guru. Banyak perusahaan startup yang memulainya dari ngeblog dulu.

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan