Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Pengertian Dan Sejarah Bahasa Pemograman Komputer

· · 0 comments
Assalamu’alaikum, wr. wb

Apa Pengertian Bahasa Pemograman Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Bahasa pemograman atau dikenal juga dengan programming language adalah suatu bahasa yang berupa kode-kode syntak (umumnya bahasa inggris) yang memerintahkan komputer untuk menjalankan suatu instruksi berdasarkan kode bahasa pemograman yang ditulis. Atau mungkin bahasa mudahnya bahasa pemograman adalah bahasa yang digunakan untuk membuat software yang bisa dijalankan pada perangkat keras komputer.

Misalnya microsoft word, excel, corel draw, photoshop, aplikasi penjualan toko, website, facebook, twitter dan lain-lain itu semua dibuat dari bahasa pemograman. Bahkan microsoft windows yang kita gunakan sekarang sebagai system operasi (OS) itu dibuat dari bahasa pemograman. Nah sehingga perangkat keras dapat berjalan karena adanya program-program yang dibuat dari bahasa pemograman.
Bahasa pemograman adalah

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya pada pembahasan bilangan biner bahwa komputer itu (CPU) hanya mengerti dengan dua macam kode saja yaitu nol (0) dan satu (1). Ketika ia mendapat tegangan volt maka ia akan bernilai 1 (satu) dan jika tidak maka ia akan bernilai 0 (nol). Inilah bahasa mesin sesungguhnya.

Jadi ketika kita mengetik huruf T misalnya, secara standar komputer tidak mengerti apa yang kita maksud, komputernya bingung kali ya, hehe. Maka untuk menterjemahkan itu semua supaya komputer bisa menjalankan apa yang kita maksud disinilah salah satu fungsi besar bahasa pemograman. Maka ada istilah compiler yang bertugas menterjemahkan itu supaya dimengerti oleh komputer.

Secara garis besar bahasa pemograman dibedakan menjadi tiga macam :

1. Bahasa tingkat tinggi (hight level language)
Contohnya bahasa pemograman Visual basic,PHP, Pascal
2. Bahasa tingkat menengah (medium level language)
Contohnya bahasa pemograman C
3. Bahsa tingkat rendah (low level language)
Contohnya bahasa pemograman asembly

Jadi pembahasan yang ada pada blog ini pada kategogi bahasa pemograman Visual basic termasuk pada kelompok bahasa tingkat tinggi (mendekati bahasa sehari-hari/bahasa inggris). Misalnya :

Private Sub Keluar_Click()
   End
End Sub

Apabila menu keluar di klik maka program akan tertutup/berakhir (End)

Sejarah bahasa pemograman dimulai pada tahun 1940. Pada tahun 1950 maka mulai berkembangkan bahasa asembly kemudian lahirlah bahasa FOTRAN yang ciptakan oleh John Bacus, sehingga pada tahun 1960 bahasa FOTRAN telah banyak digunakan oleh system aplikasi pencatatan keuangan perbankkan. 

Kemudian lahir bahasa COBOL dan selanjutnya semakin berkembang ke bahasa C, JAVA, Pascal, visual basic dan lain-lain. Demikian sedikit gambaran apa itu bahasa pemograman serta sedikit sejarah mengenai bahasa pemograman. Moga manfaat. Begitulah.

Baca juga -> Cara membuat browser sederhana dengan Visual Basic 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan