Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Belajar Membuat Desain Spanduk Dengan Photoshop

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tutorial Design Spanduk Menggunakan Photoshop - Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. Semoga kami temui rekan dalam keadaan sehat dan selalu dimudahkan dalam segala aktivitasnya. Software yang kita gunakan untuk mendesain spanduk atau plang nama ini adalah photoshop CS3. Tapi tetap bisa diterapkan pada versi yang lainnya. Karena fitur yang digunakan disini masih standar tidak melibatkan brush atau plugin tambahan.

Apakah setiap orang yang pandai menjalankan photoshop bisa membuat desain/design spanduk ? jawaban menurut saya sangat bisa. Cuma masalahnya dalam hal desain kita dituntut mempunyai jiwa seni, tanpa itu hasil yang akan kita peroleh tentu tidak akan maksimal. Terutama dalam konsep perpaduan warna. Misalnya kombinasi warna hijau dengan hitam agaknya kurang cocok. Hijau akan lebih bagus dikombinasikan dengan warna putih atau kuning. Nah disinilah konsep keindahan dari sebuah design.

Selain konsep warna, yang perlu diperhatikan dalam mendesain spanduk atau plang merek diphotoshop adalah pemahaman tentang layer. Karena otomatis kita akan menggunakan layer yang banyak. Tanpa panjang x lebar = alas, contoh desain spanduk menggunakan photoshop :

Cara mudah membuat desain spanduk di photoshop

Apakah desain yang saya buat diatas ini sudah masuk dalam kategori bagus ? saya kira ini hanya kelas kacangan dan masih berbentuk desain omong kosong jika dibandingkan dengan kreasi sahabat-sahabat saya yang memang jago dalam hal design.

Mohon maaf, saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang cara pembuatannya. Karena mengingat posting ini akan terlalu panjang. Disini saya akan menjelaskan secara garis besar saja.

1. Desain layer backround dengan warna kuning
2. Pilih gradient tools --> foreignground to tranparent. Pilih warna hijau. Dan tarik dari bagian atas bacround kearah bawah hingga keposisi tengah. Ini bertujuan untuk membuat backround pada bagian atas bewarna hijau sedangkan pada bagian bawah bewarna kuning.
3. Buat tulisan spanduknya Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi hingga selesai dan tambahkan logo. Atur tulisan serta logo di blending option, gunakan style stoke warna putih. Tambahkan bevel and embos pada tulisan fakultas teknik dan drop shadow pada logo.
4. Tambahkan gambar fakultas, atur opacity menjadi 25 % agar gambar terlihat transparant.
5. Tambahkan bingka atas dan bawah.
6. Tambahkan gambar buku diatas layer bingkai, gambar fakultas dan dibawah layer tulisan .

Silahkan kreasikan dengan warna kombinasi yang rekan-rekan suka. Jika rekan-rekan kurang mengerti dengan penjelasan ngaco diatas, kedepan saya ada rencana untuk mencoba adsense lewat youtube. Maka saya akan membuat video tutorial seperti ini untuk diupload ke chanel saya di youtube. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Cara merubah ukuran foto secara online

4 comments:

  1. Jujur aj gan, sya mash kurang bisa menggunakan photoshop. . ,mash bingung, coz sya gak pnya jiwa seni. Seperti yg agan jelaskan. . ,membuat perpaduan warna ntuh yg kdang krng sreg, antara warna ini n itu. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama om saya juga hanya asal-asalan aja. Tapi jiwa seni itu bis diasa kok. dengan memperhatikan karya-karya rekan-rekan kita yang sudah mahir.

      Delete
  2. Replies
    1. tinggal tambahkan mas. bingkai itu gambarnya tersendiri.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan