Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu

Bukalapak.com: Startup Lokal Berbentuk Online Market Place

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Sejarah dan Rahasia Sukses Bukalapak.com- Selamat datang kembali rekan-rekan di blog ini. Beberapa hari ini kembali saya banyak surfing tentang bisnis startup lokal yang kian menjamur. Salah satunya adalah bukalalapak dot com yang didirikan oleh Ahcmad Zaky pada awal tahun 2010. Startup ini berbentuk situs jual beli (online market place) sebagaimana yang dianut oleh tokobagus, tokopedia atau berniaga dot com. Ketika artikel ini ditulis rank alexa bukalapak menempati posisi 23, jika dibandingkan dengan berniaga yang berada pada urutan 25 top website yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Urutan teratas masih dipegang oleh kaskus dan detik.com.

bukalapak Contoh startup lokal yang sukses

Beberapa rahasia yang dialkukan oleh ahcmad zaky dalam mengemudikan bukalapak hingga menjadi sukses seperti sekarangan adalah :

1. SEO (Search engine optimizaion) 
SEO merupakan faktor yang membuat bukalapak menjadi startup yang kian tumbuh. Banyak keyword dengan volume pencarian yang tinggi dikuasai oleh startup ini, seperti "jual sepeda" "situs jual beli" dan lain-lain. Semua itu adalah berkat teknik SEO yang ditanamkan oleh Ahcmad Zaky dan timnya, sehingga banyak kata kunci (keyword) yang membuat website bukalapak nangkring dihalaman satu google. Tapi yang jelas SEO yang diterapkan bukan membabi buta dengan mengekploitasi kelemahan algoritma google.

Seperti yang disebutkan Zaky bahwa elemen utama SEO adalah terletak pada irformasi dan kualitas konten yang disajikan. Semakin banyak konten yang berkualitas maka posisi sebuah website akan semakin diperhitungkan oleh search engine google. Kenapa kaskus dan detik menempati urutan pertama website yang sering dikunjungi di Indonesia ? ya.. karena update konten yang sangat besar yang bisa jadi belum ada tandingannya di Indonesia.

2. Produk yang unik
Mempunyai keunikan sendiri membuat sebuah startup akan menjadi buah bibir di media sosial. Seperti pada awal website online market place ini didirikan, bukalapak terkenal dengan website atau situs jual beli sepeda dan suku cadangnya. Jika ingin sukses dalam bisnis startup maka buatlah produk yang unik sehingga akan menjadi buah bibir dikalangan banyak orang sehingga akan berdampak semakin terkenalnya sebuah startup dimasyarakat.

3. Iklan
Saat ini buka lapak masih memakai google adword untuk meningkatkan brand dan trafik pada website bukalapak. saat ini visitor bukalapak mencapai 300.000 dan 2.000.000 pageview perhari.

Itulah setidaknya 3 rahasia sukses startup lokal bukalapak dot com. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Menelisik perjalanan karir online OmKicau. 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan