Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menciptakan Konten Blog yang Berkualitas

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas - Selamat datang rekan-rekan di blog yang penuh dengan artikel ngaco ini. bagi blogger pemula (termasuk saya) tentu masih bingung cara membuat konten yang berkualitas disukai search engine google (mesin pencari). Konten merupakan satu bagian yang sangat penting pada sebuah blog untuk mendapatkan posisi apik di mesin pencari dari dulu hingga sekarang.

Sebelum melanjutkan ada sebuah pertanyaan cukup mengharukan, apakah sama konten dengan artikel ? jika ia, bagaimana optimasi yang dilakukan oleh toko online yang pada umumnya hanya terdiri dari gambar produk saja. Kalau merujuk dari arti kontent secara umum "adalah sejumlah informasi yang tersedia dari berbagai media seperti internet, televisi atau acara secara langusng".

Nah jika kita merujuk pada pengertian konten diatas,, berarti konten cakupan sangat luas tidak hanya berupa artikel. Tapi jika berbicara dalam lingkup dunia blogging, tentu yang dimaksud dengan konten lebih menjururus pada artikel.
cara menulis artikel blog yang berkualitas

Kalau kita simak di era tahun 2008 sepertinya kualitas konten (artikel) pada waktu itu hanyalah sebuah istilah omong kosong, karena banyak blog yang nangkring di page one google hanya dengan system backlink yang berkuaitas tanpa harus mempperhatikan kualitas artikel blog tersebut. Namun trik SEO berubah setelah negara api menyerang, Ealah,,, hehe maksud saya mulai dari tahun 2012 setelah adanya update algoritma panda besar-besaran, banyak website yang semulanya menduduki peringkat teratas di search engine google tumbang satu persatu. Periode selanjutnya salah satu yang sangat berpengaruh adalah kualitas konten, setiap blogger diharuskan untuk menciptakan artikel yang orisinil dan unik.

Seperti apa konten yang berkualitas itu menurut google ? 

Mengapa harus ada yang membaca tulisan saya (bermanfaat) ? 
Nah ini dia salah satunya rekan-rekan, artikel kita harus bermanfaat bagi pembaca. Sebagai blogger kita jangan tertekan pada penempatan kata-kata kunci yang baik dan benar. Karena kalau hal ini yang selalu menjadi patokan karena menurutkan aturan main SEO on page, ini membuat kadang kala tulisan kita penuh dengan kata-kata yang banyak diulang yang membuat pembaca kita sedikit mengerutkan dahi. Setelah memahami hal ini, akhir-akhir ini saya pribadi ingin merubah tata cara menulis di blog ini, tanpa terlalu ditekan oleh teknik Onpage.

Pahami bahwa tujuan SEO sebenarnya bukanlah ingin memenangkan posisi mengharukan di search engine. Tapi menjadi No.1 dihati pembaca
Ya target utama kita bukan hanya terpaku pada bagaimana menaklukan mesin pencari google, tapi bagaimana menjari Nomor 1 dihati pembaca kita. Pahami secara mendalam apa yang kita tulis, jika menurut kita tidak menarik, bagaimana orang lain mau tertarik membacanya, mereka akan meniggalkan blog kita dengan segera dan ini sangat berpengaruh pada indikator nilai bounce blog kita. Perhatikan di google analytic jika nilainya dibawah 80 % berarti konten blog kita tidak menarik dan pada akhirya sangat berpengaruh pada posisi Serp.
 
Jadi bertanyalah pada diri kita sendiri, bayangkan kita sebagai visitor atau pengunjungnya. Apakah ini menarik ? membosankan ? pembahasannya tuntas ?. Jelas apa yang ditulis disini hanya sebagian kecil saja faktor artikel yang disukai oleh mesin pencari google. untuk info yang lebih mengharukan lagi silahkan rekan-rekan surfing di om google atau tante yahoo. Moga bermanfaat. Begitulah kayaknya. Mungkin.

Baca juga --> Cara sederhana meledakan pengunjung blog

2 comments:

  1. Konten blog yang berkualitas, tidak hanya di mata search engine tetapi juga di hati pembaca ya mas? Wah, mantap kalau begitu. Terima kasih sudah berbagi ilmu, mas...

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan