Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Fakta Halaman 1 Google Yang Membingungkan

· · 0 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Halaman satu (1) Google Adalah Sebuah Misteri – Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. Sebagai blogger tentu kita berharap posisi artikel kita berada pada page one (halaman 1) google atau istilah lain yang kerap kita dengar pejwan, sehingga dengan demikian membuat blog kita banyak pengunjungnya (visitor). Dengan banyaknya pengunjung segala sesuatu yang akan kita lakukan baik ingin jualan di blog atau memasang PPC seperti adsense maka akan lebih mudah untuk mengais penghasilan melalui blog kita.

Nah biasanya teknik mendapatkan halaman satu google ini sering disebut dengan SEO (search engine optimization). SEO merupakan cara gratis dalam meningkatkan visitor blog. Walaupun sekarang banyak juga yang menyediakan jasa seo yang tentu berbayar. Bahkan tadi siang saya sempat melihat salah satu Startup lokal yang cukup sukses mengeluarkan dana Rp. 4.000.000,- dalam mengoptimasi blognya.
agar blog halaman 1 google

Baik, ada hal menarik yang ingin saya sampaikan disini. Yaitu sebuah fakta SEO yang terkadang membuat kita bingung sebagai webmaster atau blogger. Diantaranya : Jumlah hasil pencarian ketika kita mengetikan suatu kata kunci /keyword tidak berpengaruh terhadap persaingan SEO kita.

Mungkin kita berfikir semakin banyak hasil pencarian maka kata kunci tersebut sangat sulit kita menangkan dihalaman 1 google. Sebenarnya saya mau ngasih contoh salah satu artikel blog ini yang saya tulis beberapa waktu lalu yang nagkring dihalaman satu google dengan tingkat persaingan diatas 1 juta dan artikel tersebut berhasil menduduki halaman satu google. Sementara artikel saya yang lain yang mempunyai tingkat persaingan sedikit sekitar 30.000 malah terdampar di page 4 google.co.id. Tapi mengurungkan memberikan screenshot karena bisa jadi suatu saat artikel tersebut tidak menduduki halaman satu google lagi sehingga membuat pembaca berkata omong kosong iki, hehehe.

Nah kenapa itu bisa terjadi. Begini ceritanya (kayak dongeng aja mas). Pada artikel pertama dengan tingkat persaingan diatas 1 juta bisa kita menangkan karena memang blog yang terdapat pada halaman sepuluh besar tidak ada yang mempunyai page rank tinggi, backlinknya sedikit dan SEO onpagenya tidak begitu bagus (seperti artikel mereka sedikit). Maka dengan kondisi kompetitor kita seperti itu, dengan mudah kita akan memenangkan suatu keyword walaupun keyword tersebut mempunyai tingkat persaingan yang mengharukan (banyak).

Pada artikel kedua walaupun tingkat persaingan sedikit, tapi blog kompetitor mempunyai pagerank yang bagus, backlink yang oke, onpage yang mengharukan. Maka kita akan sulit memenangkan halaman satu google.

Nah.. nah... mungkin kita bisa mengambil kesimpulan dari apa yang saya tulis diatas. Namun ada lagi fakta lain yang sering kita temukan dilapangan bahwa blog dengan page rank 3, 4 atau 5 bisa dikalahkan oleh blog berpage rank 0. Hm... mebingungkan bukan ?.

Dari fakta-fakta yang terlihat ngaco diatas dapat kita ambil sebuah pelajaran bahwa Google (om google bahasa yang lebih keren) tidak pernah membuka rahasia algoritmanya kepada umum terang-terangan. Teknik SEO yang kita pelajari hari ini, itu semua hanya sebuah hasil interprestasi, penilaian atau kesimpulan para master SEO terhadap percobaan-percobaan yang mereka lakukan, sehingga bisa benar dan juga bisa salah.

Maka dari itu sebagai seorang newbie, saya lebih condong untuk membuat kesimpulan-kesimpulan sendiri dengan gaya SEO kita masing-masing. Jangan terlalu memperhatikan score SEO. Karena itu hanya membatasi ruang gerak kita sebagai blogger. Apa yang terasa tulis dengan gaya sendiri. Publish now. Kabarkan kepada dunia bahwa anda sedang galau tingkat tinggi. Ealah. Wkwkw. Moga bermanfaat. Begitulah.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan