Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Kenapa Teknologi India Lebih Maju Dari Indonesia ?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Penyebab India Lebih Maju dalam Hal Sains dan Teknologi - Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. Tulisan ini bukan bermaksud untuk merendahkan negera tercinta ini, sama sekali tidak. Ini hanya untuk sekedar membaca fakta yang ada bahwa teknologi India masih diatas Indonesia. Kita bisa melihat banyak posisi penting di perusahaan Raksasa Microsoft maupun Google dipegang oleh orang India. Why ? Yok mari kita sediki menelisik negara asal Saruhkan ini.

Indonesia dan India merupakan dua negara yang sama dijajah oleh bangsa asing. Bahkan Indonesia 2 tahun lebih dulu merayakan hari kemerdekaannya. Dalam hal ekonomi Indonesia lebih maju, pendapatan perkapita Indonesia jauh diatas India. Walaupun secara pemikiran pribadi kita tak dapat pungkiri masih banyak saudara-saudara kita yang hidup dibawah garis kemiskinan, tidak mempunyai biaya untuk berobat dan masih tertidur dibawah kolong jembatan. Kenaikan angka ekonomi, tapi masih banyak yang menderita ? Oh, no ! saya tidak ingin membahas itu lebih lanjut ditulisan ini.

penyebab teknologi India jauh lebih maju dari indonesia

India mempunyai 46 institute negeri teknik (dibawah pengawasan pemerintah) sementara Indonesia hanya mempunyai 2 institute unggulan dibawah pengawasan pemerintah yaitu ITS dan ITB. Untuk menyelesaikan S1 teknik diIndia harus menyelesaikan 190 SKS sementara di ITS dan ITB 150 SKS. Ini bukan masalah banyak atau sedikitnya SKS. Di Indonesia masih menghitung mata kuliah PPKN, olahraga  sebagai kredit pokok. India idak pernah memasukkan mata kuliah ini, mungkin anggapan mereka tidak penting. Mereka lebih fokus pada mata kuliah jurusannya. Tapi ada bagusnya juga ya, kalau mempelajari PPKN tentang pasal-pasal yang berkenaan dengan korupsi dan kesejahteraan rakyat supaya kalau sudah jadi pejabat tidak korupsi dan memperhatikan rakyat miskin. Hm..

Hm.. lagi nih..diatas kita lihat secara kuantitas. Bagaimana dengan kualitasnya rekan-rekan ? Ah ga usah jauh-jauh mas, setiap kita mungkin punya software berkelas Adobe Photoshop. Lihat ketika login program ini, ada berapa software enginering India yang bertengger manis seperti Vinod, Narayanan dan lain-lain.

Mari kita lihat perusahaan IT seperti microsoft, apple, facebook, google atau samsung. ratusan orang yang menduduki posisi penting dalam basis teknologi dinegara maju. Sebut saja Raghu Ramakhrisnan sebagai Vice President dan Research Fellow di Yahoo. Ratusan Insinyur India direkrut perusahaan papan atas seperti Unilever, Chevron. Didalam negerinya sendiri hampir semua perangkat elektronik buatan India. Sementara di Indonesia banyak beredar barang made in china. Lihat saja dibelakang laptop thosiba rekan-rekan. Nah..

Peraih nobel India dalam bidang sains sudah ada 5 orang nama dari India. Untuk Indonesia mari kita tunggu sajalah kedepan. Hampir semua instrumen insfrastruktur dikampus India berlabel India, Di Indonesia sepertinya lebih jatuh cinta pada produk china (yang penting murah ya mas, hehe. Soal kualitas belakangan).

Dari segi Militer, dengan teknologi intercontinental ballistic (balistik antar benua) seri roket Agninya, membuat China semakin terus waspada. India hampir bertengger di 10 Negara yang mempunyai basis militer terkuat didunia.

Mari kita lihat kehadiran mobil SMK, bahkah TV yang sempat diproduksi oleh rekan-rekan pelajar SMK kita, walaupun spart part masih dari luar. Terlalu banyak lirikan sinis dan sedikitnya suport dari pemerintah. Ya.. ini bisa dipahami karena kita sudah jatuh cinta terlalu mendalam sedalam lautan hindia dan setinggi puncak Himalaya pada poduk-produk China. 

Memang Indonesia masih jauh terbelakang dalam hal teknologi dibandingkan Negara India.  Supaya lebih sedikit tampil necis, Indonesia PERNAH memiliki industri pesawat terbang yang sempat membuat negara-negara Asia terharu. Bahkan sekarang banyak alumnus IPTN yang menjadi basis indrustri Boeing di Amerika Serikat. 

Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari rekaman diatas ? Ya hanya satu yang membuat India lebih maju dari kita yaitu FOKUS, FOKUS, FOKUS dan FOKUS. Ituh !!. Mereka tidak mempelajari hal-hal yang menurut mereka omong kosong.  Dukungan pemerintah yang terus memberikan suport tehadap kreativitas anak-anak India terus dilaksanakan. Moga bermanfaat. Marih.

Baca juga --> Apakah Laptop cepat rusak karena sering main Game ?

2 comments:

  1. Setuju dengan mas...Fokus terhadap kemajuan dan pengembangan kreativitas anak. Mudah-mudahan tidak benar, kalau bangsa kita sering memfokuskan aktivitas ke bidang politik...

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan