Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Memahami Lebih Dalam Apa Itu SEO?

· · 0 comments
Assalamu'alaikum wr.wb

Teknik SEO Untuk Jangka Panjang - Selamat datang rekan-rekan di blog mungil penuh dengan artikel ngaco ini. Apa itu SEO ? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah cara atau teknik agar blog atau web yang kita bangun mudah ditemukan di search engine (mesin pencari) google, atau istilah yang lebih necis usaha nangkring di page one google.

Namun disini saya tidak akan menerangkan bagaimana teknik SEO on page atau off page. Tapi ingin mengajak rekan-rekan untuk lebih jauh berfikir tentang peranan SEO pada blog yang kita miliki hari ini. Jika kita berbicara dalam lingkup monetasi blog, SEO bukanlah sebuah teknik untuk cepat kaya atau aktivitas jangka pendek dengan hasil yang kita dapatkan hanya bertahan sementara dan resiko deindex, dibacklisk oleh mesin pencari Google.

Pengertian Apa itu SEO

Sebagai webmaster, jujur saya hanya pemula dalam dunia blogging mencoba untuk terus beretika dalam search engine optimization (SEO). Menurut pikiran sempit saya (bisa jadi rekan-rekan berfikir bertolak belakang dengan saya) bahwa search engine google memberikan  layanan kepada kita. Apapun mengenai panduan atau kebijakan yang mereka keluarkan hanyalah berupa pernyataan umum (general statement), bukan sebuah hukum atau peraturan yang bersifat tetap.

Mungkin dalam kontek ini kita berbicara tentang algoritma, misalnya setelah era update besar-besaran 40 algoritma google panda diawal tahun 2011 banyak blog yang sebelumnya menduduki posisi sepuluh besar di search engine tumbang kemudian hilang dari peredaran (deindex). Berarti teknik SEO yang mereka terapkan sebelumnya tidak manjur lagi.

Diawal-awal saya membangun blog ini, setiap hari saya terus mencari informasi teknik SEO diberbagai media seperti internet maupun buku. Dulu sempat berfikit kalau tidak jago SEO maka blog kita tidak akan dapat pengunjung, Eh ketemu blog lindaikeji dan membaca perjalanan sejarah ngeblognya ternyata tidak dia bukanlah master SEO tapi ternyata mampu menghasilkan tidak kurang dari 200 juta tiap bulan masuk dalam brangkasnya. Bertolak belakang dengan mereka yang tiap hari ngomong page one, trik juara satu di google, tapi setelah blog disapu bersih sama om google, hilang semangat, karena harus build blog baru lagi dan membutuhkan tenaga yang lebih ekstra lagi dalam optimasi SERP, duh.. SemangArt.

Mepetaruhkan blog dengan optimalisasi yang berlebihan dan bertentangan dengan kebijakan search engine walaupun menurut kita tidak terdeteksi saat ini oleh mesin pencari menurut saya adalah sebuah tindakan yang bodoh (menurut saya loh, hehe). Hal ini bukan bermaksud menjudge rekan-rekan yang terjun dalam dunia auto generate content (AGC), sama sekali tidak. Karena saya juga merupakan salah satu insan yang sedang belajar AGC, Ealah, wkwkwk.

Mari kita jadikan SEO untuk membentuk pola berfikir jangka panjang, kalau kita masih berfikir SEO untuk keuntungan jangka pendek, saya kira itu bukanlah SEO, tapi sebuah teknik mengeksploitasi kelemahan mesin pencari google.

Ah dari pada pusing memikirkan SEO, mari kita berbaring dan melihat bintang-bintang dilangit, sungguh indah bukan ? Moga manfaat. Begitulah kira-kira. mungkin.

Baca juga --> Cara menciptakan konten blog yang berkualitas 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan