Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Membuat Program Pencarian Data Pada Visual Basic

· · 7 comments
Assalamu'alakum, wr.wb

Cara Membuat Program Pencarian Data Pada VB - Selamat datang rekan-rekan d blog mungil ini. Sepertinya dihari libur ini enaknya ngeposting masalah bahasa pemograman nih. Program pencarian data pada program yang dibangun dengan bahasa visual basic sangatlah penting. Apalagi data yang telah dinputkan sangat banyak. Sehingga untuk mencari data dengan kriteria tertentu dengan maksud melakukan perubahan pada data tersebut sangat sulit jika dilakukan dengan cara manual yang masih mengandalkan command next atau back.

Sebagai contoh kita mempunyai data entri buku katakanlah 1000 record data. Sementara kita ingin merubah salah satu data buku dengan kode tertentu. Jika mencari secara manual tentu akan membutuhkan waktu dan kesabaran. Nah disinilah pentingnya menambahkan command atau tombol pencarian data sesuai dengan kriteria yang telah kita tentukan sebelumnya.

Dalam pembuatan command pencarian (baca :source code) data pada database di visual basic ada bermacam-macam bentuk. Untuk koneksi database menggunakan data control tidak akan sama dengan yang menggunakan AdoDc atau AdoDb dalam proses pengkonesian database dengan program.

Nah ditulisan ini saya ingin mengajak dan menghimbau rekan-rekan (bahasanya agak terlihat formal nih, hehe) untuk belajar membuat pencarian data dengan model koneksi database AdoDc. Script codenya adalah :

Adodc1.Recordset.Find "namakolom1='" + Text1.Text + "'", , adSearchForward, 1 
If Not Adodc1.Recordset.EOF Then
         Text1.Text = Adodc1.Recordset!namakolom1
   Else
        MsgBox "Maaf, Data Tidak Ditemukan brow!"
End if

Nah jka kita coba masukan pada program yang kita buat sebelumnya pada artikel  Cara membuat program data buku dengan visual basic. Maka kode diatas akan menjadi :

Private Sub Command1_Click()
Adodc1.Recordset.Find "kodebuku='" + Text1.Text + "'", , adSearchForward, 1
If Not Adodc1.Recordset.EOF Then
     Text1.Text = Adodc1.Recordset!kodebuku
Else
     MsgBox "Maaf, Data Tidak Ditemukan!"
     Text1.SetFocus
End If
End Sub

Dapat kita pahami dari script diatas bahwa text1 yang menjadi kriteria pencarian yang akan mencari data yang sama pada  kolom kodebuku dalam database databuku.accdb. Perhatikan contoh screenshot ketika program pencaraian data buku dijalankan :

cara membuat command pencaraian di visual basic

Demikian script untuk pencarain data dengan model koneksi database acces 2007 menggunakan AdoDc. Jika rekan-rekan sulit memahami keterangan yang saya tulis diatas, mari coba bertanya pada rumput yang bergoyang :). Moga manfaat. begitulah. 


7 comments:

  1. harus menyimak dulu dengan seksama nih soal program pencarian data dengan vb,abisnya belom ngerti yang di maksudkan VB nya atuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas.. bahasanya kayak alien gitu ya,, hehe

      Delete
  2. wah saya beljar ini, tapi kayaknya belum terlalu mendalam kayak admin blog ini, mantap buat jadi bahan rujukan dan pembelajaran kedepannya

    ReplyDelete
  3. gimana caranya mau nyari dengan dua kriteria misalkan saya mau nyari data yg bisa dicari pake KODE BUKU tapi juga bisa nyari pake NAMA BUKU?

    apakah ditaro di IF nya juga atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah textbox dan satu command lagi om. caranya sama kayak diatas cuma diganti dari field kode ke namabuku

      Delete
    2. iya.. z jg nyari yg sinktaks gitux...
      klu harus nambah textbox..waduh bisa penuh formx mba..
      emang ngga ada sintak if..atau or..???

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan