Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Menelisik Perjalanan Karir Online OmKicau.com.

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Sukses Jualan Online Dimulai dari Blog Gratisan - Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. omkicau dot com merupakan blog yang membahas tentang masalah burung. Pertama sekali saya mendengar blog ini ketika membaca salah satu posting rekan blogger bahwa om kicau merupakan salah satu blog yang sering dikunjungi dan masuk dalam top 500 website di Indonesia pada waktu itu. Walaupun ketika artikel ini saya tulis rangking blog om kicau 522 untuk indonesia, Hm... jika dibandingkan dengan blog ini yang masih jauh kebelakang 3419 Rank in Indonesia, hehe.

Sebelum berdomain dot com, blog om kicau (saya ga tahu nama aslinya nih..) dibangun dari engine wordpress.com. Sebuah platform blog gratisan. Pemilihan blog gratisan dengan alasan supaya tidak keluar biaya hosting atau sewa domain dan juga lebih aman dari tindakan hacking.

kisah sukses blog om kicau dalam bisnis online

Ide jualan produk obat penyakit burung di blognya dimulai dari usulan salah satu temannya. Awalnya om kicau hanya menjual dua produk kesehatan burung dengan racikan sendiri dan mengusung label "Produk kesehatan burung racikan om kicau".

Diawal ia berjualan pada tahun 2012 om kicau mendapatkan omset antara 350.000,- hingga 1,5 juta rupiah perhari dengan margin keuntungan 50 % hingga 70% dengan trafik blognya pada waktu itu 7000 visitor/day tahun 2012.

Namun karena blognya berkembang pesat ia menggunakan layanan wordpress.com enterprise dengan biaya 5 juta rupiah perbulan.

Sekarang ini biaya pengelolaan blog om kicau :
1. Rp. 9,5 juta 1 editor blog full timer dan 4 penulis yang bersifat freelance
2. Rp. 1 Juta untuk biaya iklan blog
3. Rp. 5 Juta untuk layanan wordpress.com enterprise

Jadi total pengeluaran blog om kicau perbulan adalah 15,5 juta rupiah. Apakah ini besar ? tentu tidak jika dibandingkan dengan penghasilan blognya yang berlipat-lipat dari angka tersebut.

Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari kisak sukses om kicau yang jualan online melalui blog. Pertama  untuk memulai karir online tidak harus menggunakan platform blog premium (self hosted dan domain TLD). Lihat saja om kicau memulainya dengan membuat suatu blog menggunakan layanan gratis engine wordpress.com.

Yang kedua menulis sesuai dengan passion (hobi) kita merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia blogging, karena akan membuat ide kita tidak terbatas.

Ketiga, untuk jualan online tidak harus mempunyai website toko online. Jualan lewat blog juga lebih menjanjikan. Bahkan dengan cara ini sepertinya lebih memudahkan kita dalam mendatangkan trafik yaitu dengan menulis artikel yang berkenaan dengan produk kita.

Keempat, untuk menjadikan bisnis online itu besar, tidak dapat tidak kita harus mempunyai tim. Kita perhatikan blogger papan atas dunia seperti darren rowse juga mempunyai tim penulis sendiri. Memang betul apa yang dikatakan oleh mbak Ririn bahwa untuk menjadikan bisnis online besar lewat blogging maka berfikirlah dari sekarang untuk menjadi bos blogger. Moga bermanfaat. begitulah.

Baca juga --> Fokus adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis online.  

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan