Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Saya Harus Memulai Darimana Untuk Berbisnis Online

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Memulai Bisnis Online Khusus Pemula - Selamat datang kembali rekan-rekan di blog mungil ini. Bagi pemula (seperti saya) yang ingin menggeluti bisnis online atau internet marketing tentu masih bingung bisnis apa sih yang harus saya jalankan ? apa saja sih bisnis internet itu ? dan bagaimana langkah saya untuk memulai bisnis online ini ? dan sederetan pertanyaan lain yang berkaitan dengan bagaimana cara memulai bisnis online.

Sebelum berbicara harus dimulai dari mana untuk terjun dalam bisnis online itu, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam bisnis yang ada di internet :

bagaimana cara memulai bisnis online

1. Bisnis menjual produk sendiri
Biasanya produk ini bisa berupa produk digital atau produk berbentuk fisik. Produk berbentuk digital seperti menjual ebook. Menjual produk sendiri ini sangat erat sekali kaitannya dengan passion (hobi) kita masing-masing. Misalnya kita ahli SEO (search engine optimization) maka kita bisa membuat sebuah ebook tentang SEO yaitu bagaimana teknik agar sebuah blog nongkrong dihalaman satu google.

Menjual produk bebentuk fisik seperti yang dilakukan oleh om kicau dengan menjual produk kesehatan burung. Atau ada rekan saya yang sukses menjual sambal jengkol. Intinya apapun yang kita senangi maka jadikan itu sebagai produk yang siap kita jual melalui media internet (online).

Bagaimana cara menjualnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual produk diinternet dengan mudah. Diantaranya adalah melalui blog, membuat blog yang berkenaan dengan produk yang akan kita jual. Blog om kicau yang mengulas tentang hobi burung maka sangat cocok sekali dengan menjual produk kesehatan burung.

Silahkan baca --> Karir online om kicau dimulai dengan blog gratisan.

Selain menggunakan media blog kita juga bisa menggunakan jejaring sosial seperti facebook maupun twitter. Disamping itu kita juga dapat memperommosikan produk kita dengan media berbayar seperti google adword, pasang iklan di facebook atau menggunakan jasa PPC.

2. Menjual produk orang lain
Ini biasanya disebut dengan bisnis Affiliate. Misalnya mengikuti program affiliate clickbank. Jadi setiap produk clickbank yang terjual melalui promosi kita, maka kita akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Atau bisa juga dengan menjualkan produk-produk rekan kita yang menawarkan system affiliate.

3. Mengikuti program PPC (adsense, innity, kliksaya, dan lain-lain)
Nah mungkin ini yang paling mudah sekali dilakukan, karena kita tidak perlu pusing untuk promosi dalam  menjual produk sendiri atau produk orang lain. Kita tinggal membuat sebuah blog dan lakukan update konten kemudian mendaftarkan blog kita sebagai publisher adsense misalnya. Dan ini yang sedang saya lalukan sekarang. Namun syarat utama untuk sukses dari program iklan PPC adalah kita harus mempunyai trafik blog yang banyak. Misalnya untuk menghasilkan batas ambang pembayaran adsense $100 /bulan maka setidaknya kita harus mempunyai trafik diangka 2000 sampai 3000 visitor perhari.

Dengan mengetahui setidaknya  3 macam jenis bisnis online atau bisnis internet diatas, maka kita tidak perlu bingung lagi memulai bisnis online itu dari mana, kita bisa memilihnya sesuai dengan model mana yang menurut kita mudah. Jika kita ahli dalam bidang tertentu maka kemaslah dari dari sekarang dalam bentuk produk digital atau fisik yang siap dijual diinternet. Jika ahli dalam menulis, tidak ada salahnya menggeluti bisnis PPC google adsense. Oh ya.. banyak juga rekan-rekan internet marketer yang mengabungkan PPC adsense dengan menjual produk sendiri di blognya. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Sejarah dan rahasia sukses bukalapak.com.

2 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan