Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Belajar Edit Video Dengan Corel Video Studio

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Video Dengan Corel Video Studio - Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang peluang usaha video shooting sederhana dan juga tips membuka jasa video editing. Ditulisan ini saya mencoba mengenalkan salah satu software video editing (edit video) yang sering saya gunakan yaitu Corel Video Studio X2.

Sebenarnya saya mempunyai dua versi, corel video studio X5 dan X2. Namun saya lebih memilih versi X2 karena cocok dengan spesifikasi mesin intel yang saya gunakan. Versi X2 dan X5 fitur yang ditawarkan lebih kurang sama saja, hanya pada bagian edit di corel vido studio X5 lebih terlihar user friendly dan tampilannya terlihat lebih apik. 

Corel video studio sangat mudah dipelajari, apalagi rekan-rekan yang sudah paham dengan movie maker besutan microsoft. Untuk yang lebih profesional lagi kita bisa menggunakan adobe premiere atau sony vegas. Untuk adobe premiere saya sudah pernah mencobanya, tapi kalau untuk kelas pemula mungkin agak kesulitan mempelajarinya ditambah lagi dengan spesifikasi komputer yang dibutuhkan harus tinggi, baik dari processor, RAM atau VGA yang digunakan.

Berikut pengenalan corel video studio X2 :


Pada screenshot diatas adalah ketika saya melakukan pengeditan untuk membuat video tentang persahabatan beberapa minggu yang lalu. 

1. Layar
Saya tidak tahu apakah istilah layar cocok menggambarkan bagian ini. Tapi yang pasti bagian ini untuk menampilkan hasil video, audio dan gambar yang kita edit. 

2. Bagian input
Pada bagian ini kita akan memasukkan source video atau audio serta gambar yang diperlukan untuk memoles video yang kita buat. Hasilnya akan terkelompok secara otomatis sesuai dengan menu yang kita pilih. pada contoh diatas saya sedang membukan menu video, maka yang akan tampil video saja. 

Oh ya.. ada yang perlu diperhatikan bahwa jangan sesekali menghapus video, gambar atau aoudio yang sudah kita input dibagian ini sebelum melakukan rendering atau proses menyatukan video ke CD/DVD, File video. Karena jika ada file satu saja yang terhapus akan membuat proses rendering menjadi gagal. Hal ini pernah saya alami ketika sudah seharian melakukan editing, ketika proses penyatuan video muncul pesan eror yang membuat saya hampir saja menendang kaleng roti kongguan, Duh..wkwkw. 

3. Areal Editing Video
Nah disini proses pengeditan video. Memotong video, mempercepat, memperlambat, menambahkan tulisan, menambahkan efek, proses pengaturan audio atau menambahkan gambar narsis kedalam video yang kita buat. 

4. Control
Untuk menjalankan hasil editing. Juga tersedia fasilitas untuk memotong video dan audio sebelum melakukan drag kebagian 3.

Sebenarnya banyak fitur-fitur yang perlu diperkenalkan, namun saya kira 4 point diatas adalah hal dasar yang perlu diketahui. Moga bermanfaat. Begitulah kayaknya. 


0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan