Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Komputer

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Peluang Bisnis Sambil Kuliah - Selamat datang kembali rekan-rekan di blog ini. Bagi yang kuliah jurusan komputer (teknik informatika, manajemen informatika atau sistim informasi) sebenarnya banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan sambil menyandang status mahasiswa. Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah ? bagi yang kuliah dengan system regular tentu kuliah sambil kerja (bisnis) karena jadwal ngampus hampir bisa dikatakan tiap hari kecuali ahad (istilah yang sebenarnya dan lebih islami, ciee). Awas jangan sampai kebalik bisa-bisa kuliahnya ga selesai-selesai, Duh !.

Memangnya bisnis sampingan sambil kuliah untuk mahasiswa jurusan komputer saja ? bukan begitu bang bero, jurusan apa saja tetap memiliki peluang menjalankan usaha sambil kuliah. Hanya saja mereka yang belajar di jurusan tersebut sebenarnya lebih memiliki peluang berbisnis tapi banyak yang tidak memanfaatkannya. Jurusan komputer merupakan salah satu jurusan yang berkenaan dengan keahlian tertentu, misalnya jago design, programmer, teknisi komputer atau ahli dalam jaringan.

bisnis sampingan mahasiswa paling mudah
Beberapa Peluang bisnis bagi mahasiswa IT :

1. Kerja dengan system freelance
Yaitu kerja sama dengan pemilik usaha tanpa terikat waktu. Misalnya bekerja sama dengan toko-toko komputer. Biasanya ini untuk job job diluar seperti memasang jaringan pada sebuah sekolah, kantor dan lain-lain. Kita juga bisa mendapatkan harga spart part komputer dengan harga spesial.

Hal yang perlu kita pelajari disini adalah bagaimana cara install komputer, cara bongkar dan pasang keyboard laptop, bongkar pasang hardisk laptop, RAM dan juga LCD. Memang kita akui tidak semuanya diajarkan di kampus secara mendalam, tapi dengan perkembangan informasi yang begitu pesat saat ini kita bisa belajar melaui internet seperti di youtube.

 2. Make money blogging
Dulu saya termasuk orang yang berpendapat bahwa bisnis online itu hanya sebuah isu omong kosong, tetapi setelah mencoba belajar sedikit demi sedikit ternyata memang betul kita bisa menghasilkan uang dari blog. Memang harus pakai blog ? engga juga sih.. banyak cara lain seperti jualan di facebook, twitter dan lain-lain.

Hanya saja saya telah membuktikannya melalui blog dengan mengikuti program google adsense. Karena menulis sesuatu yang telah kita lakukan jauh lebih mengharukan dari pada menulis sesuatu tapi tidak pernah kita lakukan bukan ? (dengar-dengarnya sih begitu). Keahlian apa yang diperlukan disini ? yaitu belajar menulis (posting) dengan content yang orisinal (tapan copy paste), mengingat algoritma google yang kian hari semakin menakjukan dan juga diperlukan sedikit pengetahuan tentang SEO.

3. Jasa Penulis artikel
Sangat jarang sekali saya menemukan jasa penulis konten yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi, misalnya masalah pemograman atau yang berkenaan dengan seluk beluk software atau hadware komputer.

Sebenarnya ini erat kaitannya dengan point nomor 2, hanya saja banyak orang yang tidak menyukai merawat sebuah blog, terutama dalam mencari backlink, mempelajari teknik-teknik SEOnya, maka dengan membuka jasa kontent writer kita dapat langsung menerima upah. Biasanya dilakukan pembayaran terlebih dahulu oleh sipembeli jasa arikel kita.

Berapa penghasilan sebagai content writer ini ?, untuk tulisan dengan 300 kata berkisar antara 7500 hingga 10.000,- /artikel. Hm.. lumayan bukan ? Apalagi rekan-rekan jago nulis artikel dibidang asuransi atau hal-hal yang berbau elite bisa banjir order tuh, karena niche tersebut merupakan niche yang paling gurih dalam mendulang dollar melalui google adsense. Moga bermanfaat begitulah.

Baca juga --> Keunggulan jurusan teknik informatika

4 comments:

  1. jasa penulis artikel bisa tu mas dijadikan alternatif, tapi kalau bisa ya poin nomor dua la ya, buat menghasilkan uang sendiri di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul mas,nomor dua lebih mengharukan :)

      Delete
  2. Bisnis sampingan buat mahasiswa, termasuk mahasiswa komputer seperti menulis di blog atau penulis lepas bisa meringankan beban orang tua atau sekadar menambah uang jajan, ya mas? Wah, 3 bisnis sampingan mahasiswa ini sangat inspiratif mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jika sudah terbiasa nulis akhirnya bisa nerbitkan buku loh pak guru :)

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan