Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mudah Atasi Laptop Toshiba Tidak Bisa Masuk BIOS

· · 27 comments
Assalamualaikum, wr.wb

Kenapa Laptop Thosiba Tidak Bisa Masuk BIOS - BIOS adalah basic input output system, merupakan program awal yang diakses oleh komputer ketika start up, dalam BIOS terdapat pengaturan seputar booting, hardrive dan lain-lain. BIOS sangat berbeda dengan system operasi komputer (OS) seperti windows, karena program BIOS berada pada chip yang tertanam pada pada motherboard sebuah laptop atau komputer. Sedangkan windows tertanam pada hardisk komputer.

Jadi BIOS yang mempunyai peran penting dalam sebuah perangkat komputer. Maka ada kita kenal dengan update BIOS yang biasanya dilakukan apabila layar blank pada beberapa seri laptop Acer atau compaq. Jika BIOS rusak dapat dipastikan komputer tidak akan dapat masuk windows.

cara mengatasi tidak bisa masuk bios pada laptop

Dalam beberapa kasus komputer atau laptop tidak bisa masuk kepengaturan BIOS untuk mengatur booting pada saat kita hendak menginstall system operasi windows. Ketika kita memasukan CD/DVD instalasi windows ke DVD room, laptop tidak membacanya karena pengaturan firts boot tersetting ke drive (hardisk) atau malah ke floppy di seri motherboard lawas.

Mungkin sebagian orang berkesimpulan laptop thosibanya rusak (topik artikel ini) karena tidak ada muncul menu F2 ketika startup untuk masuk ke system BIOS. Mengapa laptop thoshiba tidak bisa mauk BIOS dan menu F2 tidak muncul ketika booting ? ini dikarenakan system pengaturan BIOS pada boot speed tersetting fast tidak normal, maka setingan ini yang membuat laptop thosiba gagal masuk BIOS. Setingan ini biasanya terdapat pada tab advanced.

Bagaimana cara masuk BIOS sementara F2 tidak muncul ? pastikan laptop rekan-rekan dalam keadaan is dead (mati masksudnya, hehe). Tekan F2 dan tahan, kemudian tekan tombol power sambil tombol F2 tetap ditahan, beberapa detik kemudian laptop otomatis masuk ke system BIOS dan silahkan atur firt bootnya ke DVD drive karena kita akan menginstall windows dari DVD drive laptop.

Bagaimana jika DVD drive laptop thosibanya rusak ? silahkan gunakan DVD Room ekternal. Tapi pengaturan boot DVD Room ekternal tidak ada pada seting BIOS Thosiba om ? Coba tanyakan pada rumput yang bergoyang..  Inilah yang membuat kekurangan brand senecis Thosiba dibeberapa seri laptopnya seperti L645 yang tidak terdapat pengaturan booting dari DVD drive ekternal. Memang hal ini dapat diatasi dengan upgrade BIOS, tapi apakah semua orang familiar dengan upgrade BIOS ? ups sorry kayaknya bahasan kita bisa gagal fokus nih, wkwkwkw.

Selain cara diatas sebenarnya kita bisa melakukan setingan pada windows dengan cara buka program --> Thosiba --> Utillities --> HWsetup. Pada tab boot setting pilih nolmal pada boot speed. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila komputer masih bisa masuk windows. Jika tidak maka kita harus masuk BIOS dengan cara pertama. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Cara mengganti keyboard laptop Acer

27 comments:

  1. laptop saya sama sekali tidak bisa masuk menu bios meskipun sudah tekan tombol F2 sebelum menekan tombol power. hard disk dan RAM dalam kondisi baik, Gan. apa ada solusi lain? mohon bantuannya, Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan tombol F2 dalam keadaan baik gan.

      Delete
  2. Thanks gan saaangat sangat bermanfaat , toshiba emang aneh ye haha

    ReplyDelete
  3. trims gan tutornya sangat membantu banget

    ReplyDelete
  4. trims gan, tutornya sangat membantu banget

    ReplyDelete
  5. Bang laptopku minta hdd/ssd password, gak bisa masuk bios juga wlpun udh tekan f2, udh gitu ada semacam bunyi pd waktu power on

    ReplyDelete
  6. trims gannnnn
    sangat berguna
    terus berkarya gannn......

    ReplyDelete
  7. trimakasih banyak gan, sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Laptop ane toshiba min udh masuk bios terus ke menu boot tapi nggak ada cd/dvd gimana tuh min? Soalnya waktu ane instal ane lupa nyolokin charger terus instal ulang nya gagal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya ada mas.. tapi kalau dvd room eksternal kayaknya ga ada opsinya. coba install via flashdisk aja

      Delete
  9. Laptop ane toshiba bisa masuk bios terus ke menu boot , tapi nggak ada menu cd/dvd gimna tuh min ? Soalnya sewaktu instal ulang laptop mati jadi instal ulang nya gagal terus nggak bisa instal lagi ..

    ReplyDelete
  10. gimana cara mengatur boot speed menjadi normal, apa gak bikin rusak, tolong untuk jawabannya, trims

    ReplyDelete
  11. Trims infonya gan, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  12. Trims infonya gan, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  13. laptop saya toshiba keyboardnya aslinya rusak terus tak pake keyboard usb tapi gak bisa masuk bios padahal sudah tekan f2 sebelm power... sekarang laptop gak bisa di pake karna gak bisa masuk ke windows ... mohon solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keyboard internal dan eksternal ga ada pengaruh biasanya mas. apa biosnya rusak bisa jadi mas.

      Delete
  14. Udah tekan f2, tp tetap aja gak bisa masuk bios, mohon bantuanya, makasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beberapa kali ga. pastikan tombol F2 nya bagus.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan