Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Install Panel Webuzo Di VPS DO (Centos)

· · 3 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Panel Gratis Untuk Webserver - Kenapa harus di VPS DO (digital ocean) ? sebenarnya ga harus sih, banyak tempat untuk sewa VPS, judul ini mah menyesatkan aja, hehe. Saya pilih VPS DO (digital ocean) karena harganya terbilang minimalis dan mempunyai kualitas yang mengharukan. Banyak rekan-rekan kita yang mengorbitkan web AGC di disini. Berarti admin main blog AGC juga dong ? enda..cuma simpatisan doang kok yah..hehe.

Untuk RAM 512 kita hanya merogo kocek $5 saja perbulan, hm murahkan. Dengan RAM 512 kita sudah bisa mengorbitkan beberapa web disitu. Tapi yang jelas perhatikan status RAM, disk yang ada di panel, jangan sampai RAM hampir penuh kita terus menambah web baru, karena ini yang menyebabkan server down.

Untuk memenajemen sebuah web kita harus punya kontrol panel, kalau kita menyewa hosting dengan tipe shared mungkin kita ga perlu mengistall control panel, karena pihak hosting sudah menyediakannya langsung. Beda halnya dengan menjadikan VPS (virtual private server) sebagai webs server, kita harus menambahkan kontrol panel sendiri.

Kenapa harus di VPS sih buat web server ? karena menggunaan VPS kita bebas melakukan apa saya tanpa terikat oleh peraturan-peraturan dari siapapun, kecuali algoritma google yang bisa saja mendeindex web kita apabila terdeteksi melakukan teknik black hat.

Maka pemain-pemain web AGC (auto generate content) lebih suka memilih VPS sebagai web server mereka, disamping kekuatan VPS jauh lebih joss untuk menahan puluhan ribu visitor dari web AGC.

Kontrol panel yang populer adalah Cpanel, tapi ini berbayar perbulannya $15. Tentu tidak cocok dengan rekan-rekan pemula atau mempunyai budget minimalis seperti saya :).  Salah satu kontrol panel web server gratis alias free adalah webuzo. Kemaren saya sudah sukses menginstallkannya di VPS dengan system operasi (OS) linux centos. Perhatikan mantera dibawah ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (proklamasi kemerdekan RI) :

1. Bagi pengguna windows siapkan putty atau bitvise client sebagai alat tempur untuk menerobos masuk kesystem linux. Bagi yang belum punya silahkan download DISINI.

2. Masuk dengan IP VPS dengan username root.

3. Lakukan update dulu dengan mantara ini
yum update 

4. Lanjut dengan mantera dibawah :
cd /tmp/
wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
chmod 0755 install.sh 


5. Selanjutnya kita install webuzonya :
./install.sh 

Instalasi berjalan beberapa menit, silahkan dengarkan musik maher zain dulu atau pergi makan bakso kewarung sebelah sambil menunggu instalasi selesai. Pastikan koneksi internet rekan-rekan stabil, karena saya beberapa kali gagal disebabkan koneksi yang lemot. Jika tampil seperti dibawah ini berarti instalasi berhasil :

cara install webuzo di VPS

 Setelah itu buka IP VPS:2004 di web browser untuk pengaturan awal seperti username dan pasword:

cpanel gratis untuk web server

Untuk name server 1 dan name server 2 isi dengan NS terserah aja. Selanjutnya akan tanpil seperi gambar dibawah, dan instalasi selesai.

Cara membuat server blog di VPS

Sekarang kita akses panelnya di IP VPS:2002, akan tampil seperti dibawah ini

cara mudah rubah VPS utuk hosting

Disini secara standar kita akan memakai Apace. Supaya lebih ringan silahkan ganti ke Nginx, untuk toturial silahkan surfing di om google atau tante yahoo ya..Kalau rekan-rekan bermain web AGC (auto generate content) sebaiknya biarkan saja, karena kabarnya Nginx tidak suport full web AGC.

Tapi instalasi otomatis wordpressnya mana om, kok ga ada ? Nah untuk fitur wordpress kita harus membayar lisensi 2,5 dollar perbulan ke webuzo. Pada waktu setingan pasword dibawah setingan name server ada dua pilihan, pake berbayar dan yang free.

Kalau memilih yang gratis gimana mau buat blog jika instalasi wordpress ga ada ? Tenang..kita bisa melakukan instalasi wordpress secara manual. Diposting yang akan datang kita akan mengupas penginstalan wordpress secara manual di control panel webuzo gratis. Moga bermanfaat.Begitulah.

Baca juga --> Pilih hosting berbayar atau gratis ?

3 comments:

  1. memang menggunakan vps ada kelebihan dan kekurangannya...baru tahu mas kalau ternyata vps bisa dikloning dan bisa digunakan untuk keperluan termasuk dalam membangun web server, terimakasih infonya mas,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul om kekurangannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. tapi kelebihannya untuk webserver sangat bagus, apalagi blog dengan trafik yang tinggi.

      Delete
  2. nambah pelajaran setelah baca artikel ini tentang webuzo..makasih udah share tipsnya sob

    salam satriyoku.blog

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan