Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Install Wordpress Manual Di Webuzo Panel (VPS DO)

· · 8 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Instalasi Wordpress Di Kontrol Panel Gratis Webuzo - Selamat datang kembali rekan-rekan di blog mungil ini. Semoga kami temui dalam keadaan sehat serta dalam lindunganNya. Sebelumnya kita sudah bahas cara install kontrol panel webuzo di VPS. Pada posting tersebut kita memilih penginstalan panel webuzo yang gratis alias free, sehingga wordpress belum terinstall di kontrol panelnya. Sebenarnya jika kita mau membayar 2,5 dollar perbulan kita tidak perlu lagi melakukan instalasi wordpress secara manual.

Menurut saya itu angka yang tidak terlalu mahal, hanya saja kemungkinan diatara kita tidak mempunyai kartu kredit atau paypal untuk transaksi pembayaran dollar secara online. Atau punya paypal saldonya tidak mencukupi, hadehh.

1. Masuk ke panel webuzo dengan IP VPS:2002. Pilih add domain. Nah sebelumnya kita harus mempunyai domain dulu yang telah diset ke IP webuzo. Silahkan beli atau pakai domain gratis ga masalah (orang Indonesia suka yang gratis), begitulah. Untuk domain gratis bisa diorder di freenom dotcom (cara order  domain gratis di freenom segera menyusul).

cara install wordpress di panel webuzo

Isikan nama domain pada kotak domain. Untuk kotak domain path biasanya terisi otomatis.

cara install wordpress di hosting VPS

Buat sebuah database pada add database, kemudian pilih manage database,akan tampil seperti dibawah ini. Pilih add user dan pasword to database. Sesuaikan user dengan database yang baru kita buat tadi, jangan sampai menimpa ke database web atau blog kita yang lain. Jadi satu database satu domain. Silahkan catat user dan paswordnya, karena ketika penginstalan wordpress kita akan diminta untuk memasukan nama database serta usernya.

cara membuat blog wordpress di cpanel

Selanjutnya scroll kebawah panel webuzo dan pilih file manager. Maka akan muncul halaman baru, masukan username dan pasword webuzonya. Ingat bukan user dan pasword VPS ya. Username dan pasword webuzo ketika kita melakukan installasi webuzonya dipostingan sebelumnya (klik link postingnya pada paragraf pertama).

Ngeblog dengan wordpress pakai hosting sendiri

Masukan username dan pasword.

cara cepat setting cpanel di VPS  

Download file http://wordpress.org/latest.zip.
Domain yang kita tambahkan otomatis akan berada di sub folder www. Silahkan upload file wordpress dalam bentuk zip ke file manager tepat didalam folder domain yang kita tambahkan tadi. Kemudian extrak dan akan muncul sebuah folder wordpress. Copykan semua file yang ada dalam folder wordpress keluar (tepat didalam folder domain).

Contoh penggunaan webuzo

Selanjutnya akses domain, maka akan muncul instalasi wordpress dan dilanjutkan dengan input username, pasword, email, nama database beserta user yang telah kita buat sebelumnya. Sebenarnya bisa saja kita edit di file wp-conpig-sample.php kemudian di rename menjadi wp-config.php kemudian edit isinya untuk memasukan nama database beserta usernya.

Tapi saya kira ga usah karena menu untuk memasukan nama dan user database akan muncul otomatis setelah instalasi wordpressnya. Setelah selesai, silahkan akses domain/wp-admin untuk proses masuk ke dashbord wordpress. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga -->  Apakah IP komputer berpengaruh terhadap asal visitor blog ?

8 comments:

  1. wah belum pernah coba tu mas, tapi bisa ni disimpan caranya, mana tahu nanti punya hosting pribadi :D

    ReplyDelete
  2. menambah wawasan saya bila nanti mau pindah kewordpress nih mas.
    oya salam kenal

    ReplyDelete
  3. om mw nanya klo kustomisasi wordpress gmn??aq udah ketik namadomain/wp-admin koq g bisaya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan file wordpres di upload di luar yaitu di folder domain. karena secara default letaknya di domain/wordpress/wp-admin

      Delete
  4. Kalau mau tambah domain/install wp baru gimana caranya om? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. add domain lagi mas. kalau databasenya bisa sama. tapi sebaiknya dibedakan.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan