Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Laporan Dengan Crystal Report

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tutorial Buat Laporan VB Dengan Visual Basic - Selamat datang rekan-rekan. Crystal report merupakan sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk menciptakan laporan pada Bahasa Pemograman seperti Visual Basic (VB), Dhelpi dan lain sebagainya.

Untuk membuat laporannya kita menginstall terlebih dahulu program crystal reportnya. Pada tutorial laporan visual basic kali ini menggunakan crystal report 8.5. Silahkan install terlebih dahulu. Dan pastikan rekan-rekan sudah membuat sebuah program yang sudah dilengkapi dengan database, karena kita akan memuat laporan dengan crystal report dengan mengambil source data yang ada pada database. Database yang kita gunakan pada contoh ini adalah database acces.

1. Buka program crystal repornya. Pilih using the report expert

cara mudah buat program laporan visual basic

2. Selanjutnya pilih lagi using the report seperti tampak pada gambar dibawah

langkah buat laporan VB dengan crystal report

4. Klik database, pada database files klik find database file kemudian klik add dan pilih database yang akan kita buat laporannya.

Tips buat program laporan dengan crystal report

5. Akan tampil tabel-tabel yang ada pada database yang kita pilih tersebut. Pilih tabel mana yang kita ingin buat laporannya. Selanjutnya klik Add --> Next

cara menjumlah field di crystal report

6. Masukan field yang diperlukan, jika ingin menambahkan semua field klik Add All --> Next

cara hubungakan database acces dengan crystal report

7. Masukan satu field sebagai acuan. Biasanya field yang berisi kode. Terakhir klik finish

cara menggunakan crystal report untuk membuat laporan

8. Maka akan tampil data laporan dari tabel yang kita pilih, sepeti screenshot dibawah ini. Maaf hasilnya sedikit berantakan, ini hanya sekedar contoh saja.

Cara cepat buat laporan di VB

9. Selanjutnya edit untuk menambahkan judul laporan atau menjumlahkan nilai yang ada pada field-field tertentu yang mempunyai data angka. Kemudin simpan untuk kita hubungkan dengan menu utama pada program yang kita buat pada bahasa pemograman Visual Basic. Pastikan jika nama file untuk penyimpanan laporan crystal report lebih dari satu kata, maka hubungkan dengan tanda _ (under score). Karena jika kita membuat file name menggunakan spasi untuk nama file dua kata atau lebih, maka program visual basic akan menampilkan eror ketika kita menghubungkan laporan dengan program menu utama. Moga bermanfaat, begitulah.

Baca juga --> Cara membuat progressbar di visual basic.

4 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan