Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengganti Fan Processor Komputer

· · 0 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Tips mengganti Kipas Processor Komputer – Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Sudah lama juga tidak membahas tentang service komputer. Nah kali ini kebetulan saya dapat servisan Komputer yang tidak ada tanda-tanda kehidupan ketika menekan tombol power. Setelah membongkar CPU ternyata power supply sudah mati.

Setelah mengganti power supply, komputer bisa hidup, tapi layar blank. Bongkar lagi, eh ternyata fan processor (CPU cooler) tidak berputar. Nah..ini dia penyebab layar blank tersebut. Perlu dketahui bahwa processor bisa dikatakan otak dari komputer (kalau istilah ini benar), jadi perlu pendinginan (agar tidak stress kali yah..) yang bersumber dari fun atau kipas processor. Jika fan atau kipas processor tidak berfungsi lagi atau kinerjanya sudah menurun, maka komputer kita akan blank atau tiba-tiba mati sendiri. Walaupun sebenarnya ada faktor X lain yang juga berpengaruh seperti VGA rusak atau RAM sudah tidak optimal.

Cara ganti kipas processor

Langkah-langkah memasang atau mengganti fun (kipas) processor PC (CPU cooler) ,perhatikan mantera-mantera berikut ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (proklamasi) :

1. Lepaskan kipas processor yang rusak dengan cara memutar pengunci kearah kanan. Lakukan halyang sama pada keempat pengait atau pengunci fun /kipas.

cara ganti fan prosessor laptop

2.Tambahkan pasta terlebih dahulu pada prosesor sebagai pendingin agar kinerja fan akan lebih optimal. Tapi jika rekan-rekan membeli satu set fun sekaligus dengan pendingingnya (berbentuk aluminium), biasanya pasta telah ditambahkan pada bagian bawah fan tersebut, jadi ga usah menambahkan pasta lagi. perhatikan screenshot berikut.


tips mengatasi kipas prosessor macet

3. Pasang fun yang baru dengan cara menempatkan pengait atau pengunci pada setiap lubang di mainboard.Lakukan penguncian Fun atau kipas processor dengan cara memutar pengait kearah sebelah kiri.


Langkah-langkah ganti kipas processor

4. Pasang kabel sebagi penghubung sumber daya pada kipas /fan processor ke motherboard. Seperti gambar dibawah ini.

penyebab laptop saya panas

Nah setelah melewati langka-langkah diatas, selanjutnya hidupkan CPU dan perhatikan fun yang baru kita pasang tadi, Yeehaaa kipasnya sudah hidup.

 


Tapi aneh layar kok tetap masih blank ? setelah kebelakang CPU ternyata port VGA ada dua. PC rekan saya ini memakai VGA card tambahan. Setelah memindahkan dari VGA onboard ke VGA card (kayaknya merek VGA rekan saya ini ATI), Komputer dihidupkan kembali. Alhamdulillah ada gambar orang nongkrong nih di layar destopnya. Hehehe. Moga bermanfaat. Begitulah.


penyebab komputer mati karena kipas mati


Baca juga --> Cara memunculkan drive tersembunyi di win 7

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan