Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cpanel Gratis Untuk Web Server Di VPS

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Control Panel Gratis Untuk VPS - Selamat datang rekan-rekan. Menjadikan VPS (virtual private server) sebagai web server mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan mengorbitkan blog atau website di shared hosting. Kekuatan sebuah VPS jauh lebih bagus dan menggunakan VPS sebagai web server ibarat mempunyai hosting pribadi tanpa terikat oleh peraturan-peraturan yang biasa kita jumpai di shared hosting.

Membuat database ataupun menambah domain untuk membangun sebuah blog sangat sulit dilakukan secara manual, maka kita membutuhkan control panel. Sebenarnya Cpanel seperti yang tercamtum dijudul tulisan ini kurang tepat, karena Cpanel merupakan nama salah satu contol panel web server yang bersifat premium atau berbayar. Hanya saja mungkin sebagian orang sudah familiar mengartikan cpanel sebagai control panel.

daftar control panel gratis di VPS
  
Berikut daftar control panel yang dapat di install di VPS (virtual private server) secara gratis :

1. Easy Hosting Control Panel (EHCP)
EHCP merupakan salah satu control panel gratis yang memudahkan kita dalam memanajemen blog atau website. Tapi sayang EHCP hanya berjalan pada VPS dengan system operasi Linux Debian dan Ubuntu. Jika rekan-rekan ingin mencicipi Control panel free yang satu ini silahkan install OS debian di VPS rekan-rekan. Salah satu kelebihan yang ditawarkan EHCP adalah kemudahan switch Apache dan Nginx hanya dengan satu klik saja.

2. Webuzo
Free alternatif cpanel yang satu ini cukup populer dikalangan webmaster. Webuzo terdapat dua versi, versi gratis dan versi berbayar. Di versi gratis kita tidak akan menemukan instalasi wordpress secara otomatis sebagaimana yang kita jumpai di Cpanel. Walaupun demikian kita tetap dapat menginstall wordpress secara manual.

Baca juga --> Cara install webuzo panel di server Linux Centos.
Baca juga --> Cara install manual wordpress di control panel webuzo

Secara standar web server yang digunakan oleh webuzo adalah Apache yang menurut sebagian kaum ini lumayan berat. Sebaiknya diganti dengan Nginx yang terkenal lebih ringan. Tapi jika rekan-rekan terjun dalam dunia Web AGC, maka acuhkan saja.

3. Kloxo MR
Sebelumnya kloxo dikabarkan mempunyai bug yang berbahaya dan rentan terhadap serangan DDOS (denial of service). di Kloxo MR semua bug telah diperbaiki. Control panel gtrasis ini diciptakan oleh anak bangsa yang bernama Mustafa Ramadhan (MR).

Itulah setidaknya 3 control panel gratis yang dapat diinstal di VPS rekan-rekan. Moga bermanfaat. begitulah.

Baca juga --> Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet SSH

2 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan