Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Jenis Pekerjaan Lulusan Teknik Informatika

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Macam-macam profesi lulusan teknologi informatika - Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Bagi rekan-rekan yang sudah lulus atau masih berstatus mahasiswa dengan jurusan Teknik Informatika, manajemen informatika atau sistim informasi tentu akan menginginkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dipelajari di kampus. Dibawah ini ada beberapa prospek kerja jurusan teknik informatika.

1. Menjadi programmer pada perusahaan IT
Menjadi programmer adalah profesi yang cocok bagi lulusan teknik informatika. Untuk menjadi programmer yang profesional disamping dibutuhkan kerja team (team work) yang solid juga harus mempunyai pemahaman yang mendalam dalam hal coding serta logika program yang baik. Karena bagaima kita membuat sebuah aplikasi atau program tanpa pengetahuan memahami alur logika sebuah program yang akan dibuat.

Nah bagi rekan-rekan yang tinggal di kampung atau desa seperti saya kayaknya bekerja di perusahaan IT mustahil, karena disekitar sini ga ada perusahaan IT. PLN aja sering mati-mati tuh.. hadeh... wkwkw. Bagi anak desa bernasib seperi saya lanjut baca aja kebawah ya.. moga ada yang cocok :D

prospek kerja jurusan teknik informatika

2. Menjadi programmer freelance
Kelebihan programer freelance adalah tidak terikat pada sebuah perusahaan. Ia bisa bekerja dibeberapa perusahaan dengan sistem kontrak sesuai dengan proyek yang ditawarkan kepadanya. Disamping itu programmer freelance bisa menawarkan jasa pembuatan program pada dunia usaha yang ada, terutama UKM yang saat ini masih banyak mengandalkan system manual dalam membuat laporan usahanya.

3. IT Support
Saya kira ini profesi yang paling mudah untuk seorang yang lulus di jurusan komputer teknik informatika. Karena disini kita hanya dituntut mempunyai kemampuan dalam reparasi komputer, install software dan membuat jaringan pada sebuah perusahaan, kantor-kantor, sekolah atau warnet.

Dan lebih bagus lagi kita membuka bisnis sendiri dengan keahlian tersebut. Karena banyak sekali yang membutuhkan jasa perbaikan komputer, printer atau instalasi jaringan. Tapi yang ga enaknya nih.. sebagai IT support banyak bergelut dengan software baj*kan gituh deh.. yang terkadang sering bentrok dengan hati nurani, hehe.

4. Web Master
Disini kita dituntut untuk bisa membuat website dengan menggunakan berbagai macam program seperti dreamweaver, jomla atau mengotak atik CMS wordpress.

Saya kira menjadi web master kita tidak harus bekerja pada sebuah perusahaan. Banyak rekan-rekan yang memanfaat peluang ini membentuk bisnis sendiri. Banyak hal yang kita lakukan sebagai seorang web master, misalnya saja jasa pembuatan website atau toko online. Saya mempunyai seorang rekan yang menggeluti bisnis ini. hampir tiap hari distatus BBMnya dishare clien terbaru yang menggunakan jasanya, dia sendiri menggabungkan jasa pembuatan website dengan jasa SEO.

Disamping membuat jasa pembuatan website atau toko online, seorang web master bisa juga membuat ladang-ladang (blog/website) yang dipasang iklan seperti google adsense, atau membuka slot iklan pribadi di website miliknya.

Melihat keterangan diatas, sangat banyak sekali yang bisa dilakukan bagi rekan-rekan yang lulus di jurusan teknik informatika, manajemen informatika atau sistim informasi. Saya kira tidak harus mengusai semua bidang yang diajarkan dikampus. Cukup satu bidang saja, yang penting mempunyai profesionalitas dibidang tersebut. Seperti mendalami design grafis atau ahli dalam membuat sebuah website.

Nah.. bagi rekan-rekan jurusan komputer tidak usah bingung lagi atau menendang kulkas ketika belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai jurusan. Memulai menggagas bisnis sendiri sepertinya sangat mempunyai prospek kedepan yang mengharukan. Kembangkan passion (hobi) dari sekarang. Fokuskan pada satu bidang keahlian saja, asah skill dan jangan lupa khusyuk dalam ibadah. Moga bermanfaat. begitulah.

Baca juga -->  Saya harus mulai darimana untuk berbisnis online ?

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan