Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Menelisik Polemik Koneksi Internet SSH

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bolehkah Menggunakan Internet SSH ? - Selamat datang rekan-rekan di blog mungil ini. Bisa jadi sahabat-sahabat grento*ger dimanapun berada tertawa miris membaca artikel ngaco ini, hehe. Tepatnya kemaren siang, saya sempat berbincang dengan seorang rekan yang juga paham masalah internet tuneling atau SHH. Dari perbincangan itu ia mengatakan sekarang dia tidak pernah lagi menggunakan koneksi dengan model tersebut dengan alasan ilegal.

Dan juga berbagai macam istilah kita dengar tentang internet SSH diluar sana yang mengatakan internet SSH itu adalah kegiatan mencuri bandwith operator, sehingga ini dikatakan kegiatan ilegal. Saya kira akan lebih baik kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan internet SSH ? Apakah internet SSH mengambil bandwith atau kuota dari operator ? Apakah SSH itu merupakan koneksi internet gratis ?

Mengatakan bahwah internet SSH mencuri bandwith dari operator menurut saya adalah pendapat ngaco yang perlu diluruskan. Karena bandwith yang digunakan untuk internet SSH adalah dari server, lebih tepatnya VPS (virtual private server). VPS itu kan berbayar ? ya jelas bang bro, walaupun harganya lebih murah, dengan bermodalkan 5 dollar (SG.DO lho ya,.) sudah bisa menampung 10 user dengan internet unlimited. Apakah SSH benar-benar unlimited ? sebenarnya tidak juga, hanya saja siapa yang bisa menghabiskan bandwith 1 TB perbulan ?.

Dengan memakai VPS sebagai bank bandwith tentu akan merubah IP koneksi komputer kita, misalnya kita menyewa VPS Singapura maka IP koneksi kita akan terdeteksi sebagai IP Singapura. Jika rekan-rekan ingat aksi Dani Firmansyah Aka Xnuxer yang meretas situs KPU tahun 2004 silam, dia juga menggunakan koneksi dengan IP luar yaitu IP anonymous Thailand. tapi aksi otodidaknya yang spektakuler tersebut dapat diungkap oleh Jim Geovedi seorang hacker elite Indonesia yang sekarang sedang membuka perusahaan internet security di London.

Perhatikan screenshot dibawah ini :


Koneksi internet SSH menggunakan sinyal operator sebagai jembatan dalam menjemput bandwith ke VPS (virtual private server) dengan mengandalkan bug operator pada port tertentu. Dengan memahami konsep ini menggunakan fasilitas orang lain secara gratis (sebenarnya ga gratis juga bang bro, kartu kan beli, kalau habis masa aktif kan ngisi pulsa juga, kadang-kadang perlu kuota juga kan? hehe) untuk menjemput bandwith pada server kita menurut hemat saya dari hati nurani yang paling dalam ini adalah aksi terlarang.

Tetapi ada hal menarik yang ingin saya sampaikan disini rekan-rekan sekalian, bahwa apakah pihak operator tidak mengetahui aksi ini dan segera menutup bug maupun port yang terbuka? inilah yang membuat saya bingung sampai hari ini, kendali kartu internet yang kita pakai hari ini ada pada mereka, apakah mereka tidak bisa mendeteksi koneksi kita ? mereka yang mendirikan BTS, mereka yang mengatur jaringan. Yang bekerja pada mereka sudah pasti adalah para sarjana  IT yang profesional dibidangnya. Mereka bukanlah orang-orang IT biasa seperti kita. Apakah mereka tidak mengetahuinya ? Entahlah, silahkan rekan-rekan sekalian berfikir sendiri, saya tidak ingin berspekulasi terlalu jauh mengenai masalah ini.

Tapi yang jelas aksi ini menurut analisa pemikiran otak sempit saya, jauh lebih ringan dari Si 7 atau si 8 yang tampil necis dengan system windows loader di laptop atau komputer kita hari ini. Photoshop, coreldraw dan aplikasi yang seharusnya berbayar bisa kita gunakan tanpa merogoh kocek berarti, hanya bermodalkan install doang kan ?.

Apakah haram hasil pengajaran dari guru kita yang masih menggunakan windows bajakan ? halalkah ilmu dari kampus yang masih menggunakan software bajakan untuk mengajarkan mahasiswanya?. Saya kira masalah ini jauh lebih hangat diperbincangkan. Terlalu sulit bukan menjudge sesuatu yang kita sendiri masih terjebak pada masalah yang sama ? bahkan mungkin lebih besar. Moga manfaat. Begitulah, kayaknya. Mungkin, hehe.
                                          
                                                          05  Desember 2014
                                                          Ini semua tentang Rasa..
                                                          Langit Riau pagi ini begitu terlihat mempersona

Baca juga --> Fenomena autoblog dan Blog AGC dalam mendulang dollar

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan