Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mengenal Database Format Mdb Dan Accdb

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Apa Perbedaan Database Acces Format Accdb Dan Mdb ? - Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Bagi yang bergelut dalam bahasa pemograman visual basic tentu tidak asing lagi dengan kedua format database acces diatas, format database acces mdb dan format accdb. Accdb adalah format acces versi 2007 dan mdb merupakan format acces 2003. Lalu apakah penerapan database acces dengan format mdb tidak menemui kendala mengingat microsoft office yang digunakan hari ini paling tidak dengan versi 2007 ?

Beberapa waktu lalu saya sempat membuat sebuah form data pasien mengandalkan format database acces mdb karena dibuat melalui bahasa pemograman visual basic 7.0 dengan mengandalkan pada menu visual data managernya. Salah satu fitur yang dibuat pada form tesebut adalah kode akan terisi otomatis (bertambah ketika entri data baru). Namun terdapat kendala karena kode pasien ketika melakukan entri data yang baru kodenya tidak bertambah. Format kode yang digunakan P-0000.

Setelah ditelusuri ternyata pada field kode harus ditambahkan primary key supaya data kode otomatis akan bertambah ketika melakukan entri data baru. Karena saya menggunakan versi acces 2007 sehingga tombol save ketika menambahkan primary key pada filed kode tidak aktif. Sehingga setingan primary key pada field kode tersebut tidak bisa disimpan.

cara edit database mdb

Terpaksa membuat database ulang menggunakan access 2007 kemudian melakukan save As ke format 2003, dengan cara begitu walaupun database masih berstatus format mdb, tombol save telah enable. 

Nah bagi rekan-rekan yang bersikeras memakai database acces dengan format mdb yang penuh pesona itu, maka buatlah menggunakan acces 2007 (kecuali di komputer rekan ada acces 2003) jangan melalui visual data manager (visual basic 7.0)  kemudian lakukan save as ke format acces 2003 (mdb) sehingga ketika membuka databasenya melalui acces 2007 tombol savenya enable (aktif). Moga bermanfaat. Begitulah. 

  

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan