Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Normalisasi Pada Database

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengertian Dan Contoh Normalisasi Database -  Selamat datang rekan-rekan di blog ini. Normalisasi pada database adalah sebuah teknik atau cara analisis data dalam menyusun atau mengorganisasikan atribut data kelompok pada tabel-tabel sehingga terbentuk data yang stabil tanpa adanya redudansi atau kerangkapan pada data.

Membaca pengertian normalisasi database pada paragraf diatas mungkin agak terlihat formal, nah.. maka saya coba mengemukakan pendapat ngaco saya bahwa normalisasi database adalah membentuk tabel-tabel kemudian memberikan primary key atau foreign key dari hasil sebuah laporan. Misalnya ada orang yang ingin dibuatkan sebuah program kemudian orang tersebut memperlihatkan kepada kita output laporan datanya, misalnya laporan pembelian pada tokonya.

Nah disinilah fungsi normalisasi database. Kita akan merancang source-source data yang terdapat pada laporan tersebut tentunya dengan membuat tabel-tabel sebagai sumber datanya. Apakah rekan-rekan sudah mengerti dengan penjelasan ini ? jika tidak, berarti saya dunk dengan saya, hehe. Dari pada bingung mari kita masuk ke contoh normalisasi database. Misalnya laporan seperti screnshot dibawah ini :

pengertian normalisasi pada database

Nah dari laporan tersebut yang selama ini dibuat manual oleh perusahaan Nak Perdi, kemudian ia berfikir untuk mengkomputerisasikan laporan perusahaanya kepada seorang programer yang bernma Nak Kardi. Maka dari laporan tersebut Nak Kardi akan melakukan atau mengelompokan yang menjadi acuan dalam emmbentuk source data tabel yang diperlukan untuk membentuk laporan diatas sehingga Nak Kardi dengan mudah membuat programnya dengan visual basic, delphi atau mungkin bahasa pemograman lain yang dikuasainya. Nah kegiatan atau yang dilakukan oleh Nak Kardi inilah yang disebut normalisasi database. 

Dari laporan diatas Nak Kardi membentuk tabel-tabel seperti gambar diabawah ini : 
tahap tahap normalisasi database acces

Dengan adanya tabel-tabel diatas maka Nak Kardi akan lebih mudah untuk membuat Form program untuk menginput data pada tabel-tabel diatas.

Apa manfaat normalisasi database ?
1. Untuk menghindari redudansi atau duplikat data
2. Mempermudah dalam memodifikasi data
3. Mengurangi kompleksitas
4. Mempermudah membuat program

Dalam normalisasi database sebenarnya terdapat tahapan-tahap. Namun jujur saja sebenarnya saya tidak menyukai menghafalkan tahap-tahap tersebut, hehe. Karena dalam aplikasinya seorang programmer langsung akan membuat perencanaan singkat seperti tampilan diatas. Karena menurut saya seorang programmer akan menyukai hal-hal yang singkat.

Namun bukan saya bermaksud menjudge membahas teori adalah hal-hal yang tidak begitu membantu loh ya.., kerena memang semuanya dimulai dari teori. Eh ! tungu dulu.. mungkin topik ini menjadi ide dan akan saya bahas pada tulisan saya dimasa yang akan datang, karena membahasnya disini membuat relevansinya menjadi rancu dengan topik posting ini.

Tapi okelah karena mungkin rekan-rekan yang membaca artikel ini adalah seorang Mahasiswa yang perlu menghafalkan untuk menjawab soal ujian sehingga mendapatkan nilai yang mengharukan, maka dirasa perlu untuk menguraikan tahap-tahap dalam normalisasi database secara ringkas saja :

1. 1-NF (Normal Form Pertama) 
Disini akan membentuk tabel Un-Normalized dengan mencantumkan semua field data.

2. 2-NF (Normal Form Kedua)
Disini kita sudah membagi tabel tabel yang diperlukan tapi belum terdapat relasi, mungkin hanya menetapkan primary keynya saja.

3. 3-NF (Normal Form Ketiga) 
Pada tahap ini kita sudah menentukan foreign keynya. Dan sudah terelasi antar tabel.

Secara garis besar terdapat tiga tahap dalam normalisasi database seperti penjelasan diatas. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga -->  Menjumlahkan nilai checkbox pada Visual Basic

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan