Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Tips Mahir Install Komputer Dan Laptop

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Cepat Belajar Install Laptop Dan Komputer - Komputer maupun laptop bukan lagi barang mewah. Mulai dari orang kantoran, karyawan, guru bahkan anak sekolah sudah memiliki komputer atau laptop. Namun hanya sedikit diantara pengguna yang mengerti cara memperbaiki kerusakan laptop maupun komputer yang bersifat ringan. Misalnya kerusakan software atau menginstall ulang komputer yang bisa dikatakan proses perbaikan tingkat ringan.

cara belajar mudah install komputer dan laptop

Bagaimana cara mahir dalam menginstall komputer ?

1. Persiapan koleksi driver
Koleksi driver menjadi sangat penting bagi seorang yang ingin belajar mahir install komputer. Apalagi seri laptop-laptop terbaru sekarang ini yang drivernya terus diupdate. Tanpa penginstalan driver yang sempurna, laptop maupun komputer (PC) tidak akan berjalan dengan sempurna juga.

Lain halnya ketika kita menginstall komputer seri-seri lama, misalnya pentium 4 atau dual core. Karena biasanya driver dari komputer tersebut sudah terbundle dalam CD installer windows apalagi yang kita install adalah system operasi semacam XP. Jadi kita tidak perlu lagi menginstall driver VGA, sound dan lain sebagainya.

Untuk lebih mudah dalam penginstalan driver komputer, rekan-rekan bisa menggunakan driverpack solution, easy driver untuk windows 7. Skydriver untuk windows XP. Dan terus lakukan update, karena seri komputer atau laptop terbaru akan menggunakan driver versi terbaru.

Jika misalnya dalam koleksi driver yang rekan-rekan punya tidak terdapat atau tidak suport terhadap laptop yang rekan install seperti seri AMD pada laptop terbaru agak sulit mendapatkan driver VGAnya, maka kita harus mengetahui situs resmi dari vendor tersebut untuk mendapatkan driver yang diperlukan lewat internet.

2. Backup driver
Mempunyai banyak backup driver akan memudahkan kita menginstall driver dari laptop seri yang sama. Dan akan sangat berguna apalagi koleksi driver kita hilang atau rusak. Untuk masalah ini saya sering mengandalkan drivermax. Pada software drivermax kita bisa backup driver sekaligus merestorenya.

3. Persiapkan segala kemungkinan dalam install komputer
Misalnya kita mendapatkan studi kasus menginstall windows XP pada seri laptop yang hanya menganut hardisk format SATA. Atau install windows 7 pada laptop sony VAIO yang sudah menganut system partisi GPT. Penginstalan secara default untuk masalah diatas tentu tidak akan berhasil. Maka kita harus dapat memecahkan masalah kemungkinan-kemungkinan diatas dan kemungkinan lain yang tidak bekerja secara default.

4. Ikuti terus perkembangan atau update 
Saya pertama belajar install komputer dulu pada waktu windows 98 lagi booming. Pada waktu itu proses pengintasalan sangat ribet. Mulai dari membuat disk startup (pakai disket) hingga proses penginstalan windows. Ketika XP mulai dikenalkan, disk startup tidak berlaku lagi.

Banyak hal-hal baru yang mesti kita cari jalan keluarnya. Misalnya sampai postingan ini di publish, saya belum bisa menemukan solusi CD Hiren dapat berjalan pada laptop acer core3 di seri aspire.  Setiap melakukan booting laptop langsung mati. Apakah system windows melakukan proteksi terhadap proses penginstalan seperti membuat mie instan ? entahlah. Sudah siapkah rekan-rekan apabila mendapatkan studi kasus install microsoft office atau adobe photoshop di system operasi Linux Debian ? Moga bermanfaat.Begitulah.

Baca juga --> Sulit gak sih belajar install komputer itu ? 

4 comments:

  1. sering kali menghadapi kesulitan saat instal di perangkat laptop, moga setelah baca artikel ini kesulitannya teratasi...makasih ilmunya, moga jadi pahala.

    salam sehat dan ceria selalu

    ReplyDelete
  2. Betul, mas. PC versi lama (seperti pentium4) memang sudah disediakan budel CD instal window sehingga nggak repot ketika install ulang OP XP. Cuma enggak bisa belajar banyak atau mahir untuk instal ulang seperti yang mas uraikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belajar sikit-sikit juga pak guru. belum terlalu mahir :)

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan