Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mau Berbisnis Online Menggunakan Wordpress.com?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bisakah Wordpress.com Untuk Berbisnis Online - Selamat datang rekan-rekan. Wordpress.com merupakan sebuah platform untuk membuat blog secara gratis alias free. Wordpress.com sangat berbeda dengan wordpress.org. Di wordpress.com javascript dinonaktikan sehingga kita tidak bisa menggunakan wordpress.com untuk berbisnis google adsense atau iklan PPC lainnya.

Silahkan baca --> Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Berbeda dengan platform blog gratis lainnya seperti blogger atau yang lebih dikenal dengan nama blogspot. Dengan bebas kita dapat mengikuti program PPC (pay per click) apalagi google adsense. Mengapa demikian ? karena baik google adsense dan blogspot/blogger dibawah naungan google.
berbisnis online menggunakan wordpress
Jadi apakah rekan-rekan kita yang membuat blog dengan wordpress.com tidak bisa menjalankan bisnis online ?  Jika bisnis online yang dimaksud seperti iklan PPC Google Adsense, sampai artikel ini ditulis jelas tidak bisa. Untuk kedepannya kita tidak tahu pasti. Karena bisa saja ada semacam kerja sama antara google dengan pihak wordpress.

Bagi rekan-rekan yang menginginkan untuk terjun dalam bisnis adsense dan ingin engine wordpress sebagai mesin blognya, maka tidak dapat tidak kita harus membeli sebuah domain dan hosting untuk mengorbitkan blog wordpress kita tersebut.

Memang semenjak google adsense sudah suport blog berbahasa Indonesia, bisa dikatakan PPC adsense atau dikenal dengan istilah GA menjadi vaforit para perbisnis online, khususnya bagi blog yang fokus pada kontent teks maupun blog wallpaper. Bahkan situs-situs besar seperti detik.com menjadikan adsense sebagai salah satu pemasukannya.

Tapi ayolah,  mari kita sedikit membuka wawasan tentang bisnis online ini. Bisnis online itu tidak hanya harus mengikuti iklan PPC seperti adsense, chitika maupun infolink. Ada banyak bisnis online lainnya yang mudah kita jalankan asalkan kita fokus, seperti berjualan produk fisik di blog wordpress.com atau berjualan produk digital seperti ebook misalnya.

Walaupun wordpress.com tidak bisa dipasang adsense, kita bisa menjadikannya sebagai tempat berjualan online. Binis afiliasi atau reseller juga memungkinkan platform wordpress.com digunakan. Jasa pasang link di blogroll tidak menutup kemungkinan menyusap blog wordpress.com kita sebagai penghasil pundi-pundi dollar.

Apakah ada program semacam adsense untuk blog wordpress.com ? Nah.. jawaban ada ..yaitu Wordads. WordAds mirip dengan google adsense, ia bersifat opsional, yang berarti kita boleh bergabung atau tidak bergabung. WordAds adalah hasil kerja sama antara Federated Media (FM) dengan wordpress. Untuk mengikuti WordAds tetap ada kriteria-kriteria blog, seperti trafik maupun masalah kontent.

Rekan-rekan mungkin pernah mendengar blog omkicau yang sukses mendulang dollar dari WordAds serta berhasil mendapatkan keuntungan jutaan rupiah dari berjualan produk tentang burung. Blog om kicau dibangun dari wordpress.com walaupun sekarang telah dicustom menjadi Tld (top level domain) dari wordpress sendiri. Tapi masalah hosting, urusan cpanel tetap di wordpress.com.

Disini untuk kesekian kalinya saya menyebut nama omkicau, ini bukan berarti saya mempromosikan blog om kicau, sama sekali tidak. Hanya saja perjalanan karir om kicau (kalau di forum ads id nama yang ia pakai adalah dutosolo) dapat kita jadikan sebagai inspirasi. Ketika banyak orang menggunakan wordpress.com sebagai blog pribadi, diary atau menulis puisi. Justru om kicau berhasil menjadikannya sebagai ladang untuk menghasilakan pundi-pundi dollar. Masihkah kita menganggap wordpress.com sebagai platform yang tidak bisa diajak kompromi untuk berbisnis online ? Semoga rekan-rekan sekalian akan mengikuti jejak kesuksesan om kicau selanjutnya ? moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Berhati-hatilah terhadap serangan autoblog

2 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan