Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Hapus Semua Isi Tabel Dengan Visual Basic

· · 14 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bagaimana Cara Menghapus Semua Record Pada Tabel Acces?- Selamat datang rekan-rekan. Kali ini tentang cara menghapus semua isi tabel pada sebuah database acces. Pada umumnya ketika kita membuat sebuah program input data seperti data barang, data karyawan, data pelanggan dan lain-lain, biasanya pada form input data tersebut terdapat command hapus data yang biasanya akan menghapus sesuai dengan data yang kita pilih. Artinya akan menghapus satu record data saja.

Tapi ada kalanya kita membutuhkan untuk menghapus semua data pada sebuah tabel hanya dengan satu klik saja. Misalnya pada tabel data sementara sementara yang biasa digunakan sebagai tabel pembantu dalam menjumlahkan transaksi penjualan atau tabel yang digunakan untuk mencetak sebuah faktur penjualan. Yang apa bila kita menambah entri data baru maka otomatis tabel penampung data sementara tadi otomatis terhapus.

Source code menghapus isi data tabel acces sebagai database yang kita gunakan kali ini tentu mempunyai variasi berbeda antara masing-masing metode pengkoneksian data. Kali ini studi kasusnya pada transaksi penjualan barang dengan metode koneksi data AdoDc menggunakan microsoft acces 2007 sebagai database.

cara hapus isi database dengan 1 klik

Pada screenshot diatas kita akan mengosongkan datagrid yang ditandai dengan kotak. Ini juga akan otomatis menghapus data tabelnya. Kenapa dihapus ? Karena tabel tersebut hanya digunakan untuk membantu mencari total belanja serta dapat juga kita gunakan sebagai data membuat cetak faktur. Source code menghapus tabel pada database secara keseluruhan. Di contoh diatas kita akan meletakkan kodenya pada command tambah data.

Dim hapus As Integer
For hapus = 1 To Adodc3.Recordset.RecordCount
Adodc3.Recordset.MoveFirst
Adodc3.Recordset.Delete
Adodc3.Recordset.Update
Adodc3.Recordset.MoveNext
Next hapus


Dari kode diaas dapat dipahami bahwa untuk menghapus seluruh record dengan satu kali klik, kita harus memindahkan posisi kursos pada awal record data. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Cara koneksi database acces 2007 ke menu utama

14 comments:

  1. Ternyata mudah dan simpel ya, dengan satu klik bisa terhapus semua. kalau saya hapusnya satu - satu ... Terimakasih cara dan Tipsnya

    ReplyDelete
  2. oh ya kang, setelah menghapusnya, nanti restore baliknya bisa gak kang. mana tau perlu lagi kang.

    ReplyDelete
  3. Kalau VB saya nyerah deh mas. Mungkin bukan minat saya disitu. Tapi ya ga ada salahnya untuk dicoba. Next time kalau ada projek bikin aplikasi VB mungkin bisa dijadikan referensi ni blog sampean mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin minat bang adit di google adsense kayaknya, hehe.

      Delete
    2. Kalau pribadi sih lebih prefer perdalam ke web development seperti PHP Myql, framework OOP dll mas. Pernah waktu jaman kuliah bikin aplikasi pake access, yg bikin aplikasi temen saya saya hanya di dokumentasi analis nya alur programnya saja. Ga tau kenapa sama sekali ga ada minat buat beajar ke app dekstop.

      Delete
    3. wah. berati bang adit programmer web ya.wah manstap nih. saya baru destop.

      Delete
    4. Masih belajar kok mas. Lha wong program error aja masih sering tanya simbah google :)

      Delete
    5. betul..google adalah guru yang sangat mengharukan, hehe

      Delete
  4. bagi saya ini tidak mudah, perlu perhatian dan belajar khusus, sebab ini sudah basic :D

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan