Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Tabel di Laporan Crystal Report

· · 5 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Mudah Buat Tabel Laporan VB - Kali ini masih berkenaan dengan membuat laporan program visual basic menggunakan crystal report. Laporan berbentuk data angka akan lebih bagus dan mengharukan jika kita buat dalam bentuk tabel. Misalnya laporan data barang, laporan transaksi dan lain-lain. Pada crystal report secara standar setelah kita membuat laporan dari database, maka akan muncul laporan dalam bentuk tanpa tabel.

Baca juga --> Cara membuat laporan database acces 2007 di crystal report.

Untuk membuat tabel pada laporan crystal report kit aperlu menambahkannya pada menu inset. Tapi hal yang kurang mengharukan, kita tidak akan menemukan menu insert tabel di program crystal report sebagaimana yang kita jumpai pada program microsoft word. Lalu bagaimana membuat tabel di crystal report ?

Nah..utuk buat tabel pada laporan program visual basic menggunakan crystal report, kita akan menggunakan line dan box pada menu insert. Pastikan rekan-rekan memilih tab design pada sebelah kiri.

Pilih insert + Box dan buat kota pada field seperti tampak pada gambar dibawah ini :


cara cepat membuat tabel di crystal report

Selanjutnya buat kotak kedua pada record kode barang hingga stok barang. Supaya tampilannya menyatu dengan kotak pada field  maka kotak kedua tersebut pada bagian atas harus sejajar dengan kotak field.Untuk membuat garis tengah pilih insert + line kemudian buat garis sejajar dengan kotak kedua pada bagian bawahnya. Membuat garis pembatas kolom juga menggunakan insert + line kemudian buat garis pembatas kolomnya.

buat tabel di crystal report 8

Hasil akhirnya ketika tab preview dipilih makan akan tampil laporan crystal report kita dalam berbentuk tabel seperti screenshot dibawah ini. Moga bermanfaat. Begitulah, kayaknya. 

cara menambahkan tabel di crystal report

Baca juga --> Cara menjumlahkan data di crystal report

5 comments:

  1. kalau aplikasi cristal report ini kayaknya saya belum pernah mencoba, untuk menambah ilmu okelah mas saya akan mencoba mempelajarinya, kan belajar tidak kenal waktu dan dari siapapun, karena keterbatasan kita jg membutuhkan orang seperti anda ini mas, makasih ilmunya dan sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. sip mas. tak terapkan nanti. untuk masalah sofware sama kang abdusatri belajarnya. atikel mas, banyak yg masuk page one google. salut saya mas. happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. page one hanya kebetulan saja kali om, mungkin robot google salah letak, hehe. happy blogging. :D

      Delete
  3. terimakasih mas, artikelnya sangat membantu saya

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan