Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Duh !! Data Langsung Hilang Karena Virus

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mengatasi Data Yang Hilang Karena Virus - Sore tadi kebetulan saya dapat orderan install laptop Thosiba Satellite L730 core i3. Seperti biasa saya mencoba menginstallkan laptop tersebut dengan metode ghost melalui CD Hiren. Bagi rekan-rekan yang belum tahu seperti apa proses install dengan cara ghost, yaitu proses install dengan cara merestore file image dengan format gho menggunakan sebuah media yang bernama CD Hiren.

Saya tidak tahu apakah ada software lain selain CD Hiren, karena sejak dulu saya selalu menggunakan Hiren untuk masalah ini. Apalagi fitur Xp bayangannnya yang sangat bermanfaat dalam menyelamatkan data pada lapop walaupun laptop tersebut tidak bisa lagi masuk login ke windows.

Disini saya tidak akan menejelaskan lebih jauh kehandalan sofware Hiren, tapi ada suatu hal yang lebih mengharukan yang saya alami ketika mencoba menginstall laptop thosiba L730 dengan cara merestore image windows beserta programnya sekaligus.

Ketika mencoba booting melalui Hiren dan hardisk ekternal saya sebagai source imagenya, ternyata laptop tidak mampu membaca hardisk tersebut. Hm.. inilah yang sering saya jumpai di brand Thosiba yang cukup fenomenal itu  terdapat masalah-masalah terutama dalam hal booting. Ditambah lagi dengan tidak tersedianya pilihan boot dari DVD eksternal, Ealah brand besar kok begini yah.. hadehh.

Selanjutnya saya mencoba mencopy langsung data file gho ke laptop tersebut, karena kebetulan laptop masih bisa login ke windows. Tapi apa yang terjadi setelah saya mencolokan hardisk ekternal berkapasitas 500 GB. Tiba-tiba langsung semua data hilang di 3 partisi hardisk tersebut. Owalah virus nih !! pada hardisk tersebut terdapat semua master program untuk keperluan instalan, duh !! sakitnya tuh di situ tuh (laptopnya kena virus).

Kemudian saya mencoba menscan hardisk tersebut di PC yang biasa saya gunakan untuk kegiatan pekerjaan sehari-hari dan juga digunakan untuk melihat earning adsense, hihihi.

Saya mencoba scan menggunakan anti virus AVG, begitu canggihnya virus tersebut. Data tidak tampak satupun tetapi AVG tetap menangkap data yang discannya. Setelah proses scan selesai dan penghapusan virus dengan status berhasil di AVG, namun tidak satupun file yang tampak, seperti screeshot dibawah ini :

cara mengembalikan data hilang karena virus

Nah kemudian saya scan dengan Smadav, sebuah antivirus lokal dari bumi Kalimantan. Alhamdulillah terlihat satu folder tanpa nama. Kemudian  saya buka dengan mengkliknya dua kali, ternyata semua file program saya terdapat pada folder tadi.

kenapa data flashdisk tiba-tiba hilang

Jadi kesimpulan dari peristiwa mengharukan yang saya alami tersebut adalah :
  1. Anti virus AVG dan smadav adalah sebuah kombinasi yang bagus untuk mengantisipasi virus. tapi jangan lupa update terus database virusnya.
  2. Jangan memutuskan flasdisk atau hardisk kita rusak ketika data hilang semua ketika terserang virus, atau langsung memformatnya. Seperti kasus diatas ternyata file data tersebut di sembunyikan pada sebuah folder tanpa nama yang awalnya disembunyikan virus. Dan folder tersebut akan terlihat setelah proses scan total dengan AVG serta Smadav yang sudah terbukti kehandalannya dalam mengembalikan data hiden. 
  3. Selalu berhati-hatilah mencolokan flasdisk atau hardisk apalagi di laptop atau komputer yang tidak biasa kita pakai. Karena serangan virus yang semakin canggih. Janganlah engkau percaya dengan asmara (seroja) wkwkwkw.
 Moga manfaat. Begitulah, kayaknya.

Baca juga --> Tips mahir install komputer dan laptop

4 comments:

  1. gawat banget virusnya, sama AVG gak kedetek :(
    tapi akhirnya bisa kehapus juga virusnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. AVG tetap ngedetek om. cuma ketika pastisi dibuka data tidak ada. AVG memang oke, hehe

      Delete
  2. Virus hanya menduplikat data saja kan mas, tidak benar-benar menghapus file kita.. Paling datanya di hidden ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jenis virus recycler disamping menduplikat. juga menghapus file yang berektensi .exe. hampir semua file exe di hardisk tersebut rusak. cuma saya telah membuat cadangan dalam format Rar yang tidak bisa ditembus virus.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan