Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Hati-hati Blog Anda Masuk Google Sandbox

· · 13 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Cek Apakah Blog Terindikasi Google Sandbox - Bagi para webmaster istilah google sandbox bukanlah sebuah istilah yang asing, namun kemungkinan yang masih pemula dalam dunia blogger mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu google sandbox?, apa efeknya terhadap blog kita jika blog terkena google sandbox? Bagaimana cara keluar dari google sandbox?.

Akhir-akhir ini saya agak terfokus pada dua blog saya yang lain untuk mendongkrak penghasilan adsense. Blog tersebut salah satunya saya tembak dengan niche yang mempunyai nilai HPK (hight paying keyword) yang lumayan mengharukan. Artikel yang sudah di publish sebanyak 50 artikel. Namun aneh jumlah pengunjung blog tersebut tidak lebih dari 10 visitor/day saat artikel ini ditulis.  Padahal artikel tersebut original semua tanpa copas.

Saya teringat dengan google sandbox, yang pada waktu awal blog ini dibangun juga pernah masuk google sandbox. Maka saya coba cek di Google Sandbox and Penalty Checker Tool. Owalah.. ternyata blog tersebut masuk perangkap google sandbox seperti screenshot dibawah ini :

cara cek blog terkena google sandbox
Apa itu google sandbox ?
Kalau kita artikan memlalui google translate sandbox berarti bak pasir atau kotak pasir. Kita tahu pasir itu bersifat menghisap. jadi sandbox bisa dikatakan google menahan artikel kita kedalam Sandbox/ kotak pasirnya, karena blog tersebut terindikasi spam, yaitu sebuah aktivitas yang tidak wajar dari sebuah blog diantaranya :

1. Artikel Copy paste
Artikel copy paste sangat berbahaya, apalagi blog kita dimonetasi dengan google adsense. Disamping blog kita dideindex search engine karena diadukan oleh pemilik artikel asli melalui google DMCA juga bisa berdampak akun adsense dibaned.

2. Optimasi yang terlalu berlebihan
Ini biasanya menyangkut masalah SEO (search engine optimization) yang terlalu berlebihan, misalnya terlalu sering melakukan ping, keyword yang terlalu over, terdapat link farming dan menanam backlink terlalu berlebihan padahal umur blog masih baru.

3. Adanya broken link.
Pastikan semua link yang ada pada blog kita tidak rusak. Seperti ngelink ke blog lain yang blog tersebut tidak aktif lagi, atau ngeling internal ke posting kita yang lain sementara posting tersebut sudah kita hapus. Atau bisa juga ada komentar blog yang kita hapus juga dapat terindikasi eror 404 (broken link). Untuk mencek adanya broken link di blog kita bisa menggunakan brokenlinkcheck.

Dari ketiga macam penyebab masuknya blog  ke google sandbox, blog saya sepertinya disebabkan adanya broken link. Setelah saya cek di google webmaster terdapat banyak broken link pada blog tersebut. Sehingga eror 404 tersebut langsung saya hapus melaui google webmaster.

Seperti arti dari google sandbox (kotak pasir) yang tidak perlu kita takutkan secara berlebihan. Google hanya menahan sementara artikel kita dan memberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan seperti poin-poin diatas. Melalui sandbox agaknya google ingin menyampaikan kepada kita untuk selalu mematahui webmaster guidlines. Moga bermanfaat. begitulah.

Baca juga --> Perbedaan autoblog dan blog AGC.

13 comments:

  1. indikasinya kemungkinan besar si empunya blog tak menyadari bahwa blognya terkena sanbox karena dicopas ataupun broken link.. trims ya kemarin juga dengan anti copasnya sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga blog mbak fadilah dengan anti copas semakin melejit trafiknya.. juga earningnya, hehe

      Delete
    2. cek broken link dan Google Sandbox, blog saya sepertinya okey mas, ga pernah copas tapi tanda tanda penurunan blog saya sangat besar ya mas..

      Delete
    3. iya drastis sekali tuh mbak...
      coba di kirim sitemap ulang blognya di webmaster.

      Delete
  2. Inilah yang membuat pengunjung unik blog saya turun mas sekitar 60% perhari. sedang berusaha memperbaiki nih mas. hehe.

    ReplyDelete
  3. heummm bermanfaaat sekali :) tapi blog syaa masih baru loh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama om blog saya yang terkena sandbox itu juga masih baru. biasanya sandbox melanda blog-blog baru.

      Delete
  4. Alhamdullilah Blogg saya tadi udah di cek dan alhamdullilah Blogg saya OK :D makasii nihhh jadi nambah ilmunya :)

    ReplyDelete
  5. saya baru bikin sebuah blog, kenapa langsung masuk google sanbox padahal artikel blum ada sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sanbox biasanya terjadi pada domain baru mas.

      Delete
  6. bisa langsung di tes nih caranya
    makasih ya

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan