Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Hati-hati Kode Iklan Adsense Diambil Orang Lain

· · 16 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb
 

Cara Mengatasi Pencurian Kode Iklan Adsense - Selamat datang rekan-rekan. Banyak yang hal yang perlu kita pelajari dalam menekuni bisnis google adsense. Bukan hanya sekedar mendaftar, diteima lalu pasang script iklannya di blog kita, dan melakukan update artikel. Ada hal lain yang sangat membahayakan bahkan bisa membuat akun adsense kita dibaned. Yaitu kode adsense kita diambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab kemudian memasangnya pada blog yang melanggar kebijakan adsense.
 

Sungguh peristiwa yang mengharukan memang, hal ini sudah lama terjadi. Tapi baru kali ini saya menyadarinya. Ternyata akun adsense blog ini dipasang pada blog yang isinya sama dengan content blog ini. Owalah... tentu ini sangat berbahaya dan akan dianggap Spam oleh google dan akhirnya akun adsense blog ini dibaned (begitu sepertinya keinginan rekan kita tersebut). Tapi ternyata ada skenario yang lebih besar tanpa tandingan dari Sang pemilik jagad, kemudian saya menyadari hal ini dan segera melakukan tindakan utuk pencegahan (halah.. gitu aja kok bahasanya formalitas kali ya.. hehe)

Perhatikan screenshot dibawah ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (proklamasi).


Kok bisa nongol situs yang bukan milik saya diberanda adsense blog ini?. Nah ternyata ini disebabkan oleh iklan blog ini dipasang pada blog tersebut. Dan yang sangat membuat saya hampir menendang kaleng konguan adalah blog tersebut melakukan duplikat content dengan teknik auto.

Bisa dipastikan rekan kita tersebut bukanlah orang biasa (tapi bukan malaikat loh ya, hehe). Sepertinya beliau memahami tentang auto blog dan kemungkinan teknik AGC.

Kenapa akun adsense saya belum dibaned ?
Nah.. google adalah perusahaan besar yang tidak akan langsung membaned membernya tanpa pertimbangan. Analisa ngaco saya karena blog kloningan tersebut dibangun dari IP yang berbeda dengan IP conect maupun IP komputer yang sering saya gunakan. Maka hati-hati bagi rekan-rekan yang berpendapat lebih baik mencopy paste sendiri dari pada tulisan kita di copy paste orang lain. Karena dengan mengcopy paste sendiri kita menggunakan IP komputer yang sama dan akhirnya akan dianggap spam.

Baca juga --> Hati-hati terhadap serangan autoblog

Lalu bagaimana cara mengatasi script adsense kita disalah gunakan oleh orang lain ?
Untuk mencegahnya kita harus mengaktifkan fitur otorisasi situs pada akun adsense kita. Caranya masuk pada menu setingan / setelan sebelah kanan atas, pada pilihan sebelah kiri pilih akses dan otorisasi, kemudian klik otorisasi situs. Kemudian centang "hanya bolehkan situs tertentu menampilkan iklan untuk akun saya. Masukan URL blognya yang rekan telah pasang adsense seperti dibawah ini. Kemudian simpan.



Hal ini agar hanya situs yang kita masukan menampilkan iklan adsense yang kita miliki.

Awalnya peristiwa seperti ini sangat membuat saya sedikit jengkel, sehingga beberapa waktu yang lalu saya sempat menonaktifkan copy paste artikel blog ini. Namun akhirnya saya menyadari hal ini agak terlihat sedikit ektrem, biarlah google dengan algoritmanya sebagai hakim menentukan posisi SERP kita di search enginenya.

Saya jadi teringat dengan wawancara founder Kaskus mas Andrew Darwis disalah satu statium Tv Swasta bahwa ketika ia ditanya jika ada orang yang membuat hal serupa seperti Kaskus, ia menjawab dengan santai sangat sulit mencegah plagiat, yang perlu kita lakukan sekarang adalah terus melakukan inovasi-inovasi baru. Hanya dengan itulah kita akan tetap eksis.

Mari kita perhatikan Yahoo yang pada awalnya menguasai pasar search engine, tapi akhirnya dapat dikuasai pendatang baru yaitu google. Ini bukan berarti google melakukan plagiat. atau facebook sebagai pendatang baru telah berkibar dibandingkan friendster maupun myspace yang sempat merajai market jejaring sosial. Ini bukanlah plagiat, mereka hanya terus melakukan inovasi-inovasi baru.

Sebagai blogger mungkin kita bisa mengadukan blog yang melakukan copas artikel kita ke google DMCA atau memprotek artikel kita supaya tidak bisa dicopy paste. Tapi kalau saya pribadi berpendapat hal ini akan membuat kesulitan rekan-rekan kita yang benar-benar membutuhkan artikel kita.

Kepada rekan kami yang menduplikat blog ini dan membahayakan akun adsense kami dengan memasangnya di blog duplikat tersebut, kami yakin bahwa saudara masih mempunyai jiwa ukhuwah, nilai pesaudaraan yang tinggi.  Walaupun eksperimen yang rekan lakukan sedikit membuat kami was-was. Terima kasih rekan, karena engkau telah mengajarkan sebuah pelajaran baru kepada kami. Moga bermanfaat. Insyaallah.

Baca juga --> Hati-hati blog anda masuk google sandbox

16 comments:

  1. oh begitu ya ternyata ada kisah saling maenjatuhkan di dumay juga ya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya samalah om kayak didunia nyata. mungkin rekan kita tersebut sedikit silap aja. :)

      Delete
  2. Ini pelajaran berharga mas. Terima kasih sudah berbagi pengalaman dimana script adsense di pasang pada blog lain secara ilegal. Langkah kita memang menyetel otorisasi situs. Jika telah diotorisasi, kemungkinan googgle mengabaikan klik iklan yang terjadi pada situs ilegalk tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak guru. kalau sudah dilakukan otorisasi maka otomatis iklan kita di blog rekan kita tersebut tidak tampil lagi.

      Delete
  3. wah ternyata kode iklan adsense bisa dicuri semacam itu ya. makasih nih infonya salam kenal & izin follow blognya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 om. moga ini menjadi pelajaran.
      silahkan om.

      Delete
  4. Iya kalau di ambil orang kode iklannya bisa bahaya , artikel saya juga banyak di duplikat dengan teknik auto, dan blognya sudah saya laporkan biar dihapus, banyak juga sih yang kehapus tapi malah banyak lagi blog yang muncul dengan artikel yang sama, mungkin orangnya itu - itu juga, tapi dengan cara seperti ini iklan kita gak bisa tampil di blog si itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas. biarlah algoritma google yang memutuskan semua itu. yang penting mari kita terus berusaha agar tidak melanggar webmaster guidlines.

      Delete
  5. tampilannya sama ga hosted sama non host, sebab dicari tampilan otorisasinya berbeda mas.. trims ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak fadilah hosted dan non hosted. pada bagian setelan + akses dan otorisasi + otorisasi situs + klik centang + masukan url blog kita

      Delete
  6. Bermanfaat sekali artikelnya.. terimakasih sudah berbagi pengalamannya :) semoga ini bisa saya jadikan pmbelajaran :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih ya, jd dapet wawasan dan hal baru nih, jd bisa lebih hati2 dan selalu waspada :)

    ReplyDelete
  8. makasih bgt mas................ jd tw saya. cz baru z ketrima GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok siip. semangat terus pantang mundur, hehe

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan