Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Berhati-Hatilah Terhadap Serangan Autoblog

· · 14 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Mengatasi Pencurian Konten Oleh Autoblog - Selamat datang rekan-rekan. Berbagai macam cara dilakukan oleh para pebisnis online dalam meraup dollar internet. Ada yang menggunakan cara-cara suci atau dikenal juga dengan teknik white (seperti blog blog ini contohnya, cieeile) ada juga yang menggunakan teknik black hat. Dua teknik blackhat yang populer yaitu autoblog dan blog AGC.

Ada orang yang mengatakan bahwa aublog dan AGC adalah sama. Menurut saya tidak karena autoblog melakukan pencurian konten melalui RSS Feed sedangkan AGC bukanlah mengambil konten dari sebuah website, tapi hanya memanfaatkan API mesin pencari seperti API Bing.

agar supaya blog tidak di copy paste

Mulai bulan Desember saya perhatikan trafik blog ini menurun dari biasanya. Awalnya saya tidak begitu menghiraukan karena dibulan desember saya dengar ada updade algoritma google pinguin. Ya kemungkinan besar beberapa artikel saya kena dampaknya. Disampig itu waktu saya banyak tersita untuk mengurus dua blog saya yang lain sehingga update konten tidak begitu teratur di blog ini.

Tadi sore iseng-iseng cek hasil GA (google adsense), Disebelah kanan bawah ada pemberitahuan alamat website sumber penghasilan. Disitu dicantumkan nama sebuah blog yang tidak saya kenal. kemudian saya coba membuka blog tersebut. Ya.. salam.. ternyata seluruh isi blog tersebut berasal dari artikel blog ini, dan tidak memberikan tautan balik. Dan yang lebih mengharukan rekan saya tersebut memasang iklan google adsense juga. Owalah..

Iseng-iseng cek sebuah posting artikel saya digoogle dengan judul yang agak spesifik, Subhanallah saya menemukan lagi blog yang berisi artikel dari ini. Hadehhh. Jika begini ceritanya pastas saja trafik blog ini menurun karena dideteksi oleh bot spider sebagai spam.

Teknik yang digunakan oleh blog tersebut dalam mencuri atikel lewat RSS feed. Blog pertama menggunakan teknik semi auto, ini ditandai dengan ditambahkannya video pada awal artikel. Sedangakn teknik blog kedua full auto tanpa adanya pengeditan.

Untuk alamat URL kedua blog tersebut tidak bisa saya sebutkan dengan alasan privasi, mereka hanyalah manusia biasa yang tak luput dari khilap dan salah. Mereka adalah rekan kita juga yang mencoba belajar, hanya saja dengan teknik berbeda dengan kebanyakan.

Jadi bagi rekan-rekan pembaca sekalian jika trafik blognya tidak naik-naik padahal kita menulis artikel orisinil setiap hari dan postingan sudah sangat banyak, kemungkinan besar blog rekan-rekan terkena dampak autoblog.

Saran saya untuk menghindari autoblog :
  1. Ubah pengaturan umpan blog kemode singkat dan alihkan dulu ke feedburner, karena dengan mengalihkan ke feedburner kita bisa mencantumkan alamat blog kita. Sehingga jika ada mesin autoblog yang ngegrab artikel kita, maka blog kita akan mendapatkan backlink. 
  2. Buat histat menjadi hiden atau tersembunyi. Karena biasanya sebelum melakukan aksinya para autoblog mencari terlebih dahulu blog yang mempunyai pengunjung yang banyak. 
  3. Proteksi artikel supaya tidak bisa di copy paste.
  4. Laporkan segera blog yang melanggar ke Google DMCMA. 
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi pencurian konten di blog kita. Jadi bagi rekan-rekan yang kena dampak serangan autoblog jangan nendang kulkas dulu ya, wkwkw. Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengunjung yang memerlukan copy paste terutama dalam pembahasan bahasa pemograman untuk sementara saya protect dulu hingga trafik pulih kembali. Harap maklum.

Dengan tidak bermaksud melanggar hak intelektual ataupun hak cipta seseorang jika ada konten blog ini yang melanggar, silahkan kontact kami dibagian page about me. Dengan senang hati saya akan menelaah setiap keberatan yang rekan-rekan ajukan. Salam blogger. Moga bermanfaat. Begitulah. Kayaknya.

Baca juga --> Perbedaan wordpress.com dan wordpress.com 

14 comments:

  1. kalau untuk point nomer 1,3 sama 4 sudah saya terapkan mas,soalnya blogsaya juga sering kena copy auto blog
    tp point nomer 2 nih yg nggak bisa diterapin karena itu untuk menjaring advertising

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. mas..kalau blog mas sepertinya buka slot iklan mandiri. memang harus ditampilkan trafiknya supaya pengiklan tertarik.

      Oh ya supaya lebih banyak advertisernya jemput bola aja mas seperti mbak Ririn.

      Delete
  2. auto blog memang bikin gemes,soalnya ini dilakukan oleh orang yg profesional.sangat merusak dunia blogger yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. kadang-kadang bikin emosi mas sampai-sampai nendang kulkas, hadehhh...

      Delete
  3. baru tau kalau ada auto blog. ngeri juga ya mas kita yang haus mereka yang minum, aku malah buat artikel nyampe tiga hari karena ga mau copas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Fadilah. hati-hati aja. jangan lupa suport terus dengan backlink berkualitas, supaya serp tidak dikuasai oleh copaser.

      Delete
  4. Kita yakin, autoblog atau AGC apa lagi pelakunya memasang iklan adsense enggak bakal lama bertahan. Paling tidak nalurinya akan merasa bersalah dan ini yang menghukumnya sendiri, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju pak guru..mereka menghukum diri mereka sendiri.

      Delete
  5. mas kalau Got-bolgger dari rss feed ya,, blog saya kok jadi dua dengan got blogger, duplikasi konten diweb master lebih separuh artikel saya.. kiranya mas bisa menjelaskan.. terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kurang jelas saya mbak. pengalihan rss feed ya. itu ada tutorialnya di blog mbak indri.

      duplikat konten seperti apa mbak. bisa berikan screenshootnya. add aja fb saya DAnish Fathurrahman supaya lebih mudah.

      Delete
  6. Ilmu lagi ilmu lagi,, namun poin yang paling saya suka adalah, penulis merupakan orang yang baik hati dan tidak sombong, terbukti penulis memberikan perhatian kepada orang yang memng jelas2 curang. thank mas, saya jadi suka berkunjung kesini. saya mantan tukang copas, sekarang sudah menemukan kenikmatan menulis artikel sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, kalau saya ga ambil pusing tulisan dicopas silahkan saja. biarlah google sebagai penentu serp kita. yang penting terus hadirkan konten yang berkualitas. semangat hehe.

      Delete
  7. Terima kasih infonya mas, sangat berguna,...

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan