Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Inilah Penyebab Bisnis Online Sulit Berkembang

· · 18 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Benarkah Bisnis Online Semakin Sulit ? - Semenjak algoritma google diupdate secara besar-besaran mulai dari panda, pinguin dan hummingbird, mulailah blog yang semulanya nangkring di page one google search dengan hanya mengandalkan kontent dengan value rendah dan kuantitas backlink tanpa kualitas tak dapat lagi mengelakan saktinya tendangan kungfu panda.
Bahkan salah seorang internet marketing (tidak bisa saya sebutkan namanya) pada tahun 2007 bisa menghasilkan 4 digit dollar dari google adsense hanya bermodalkan blog copy paste, selanjutnya disiram dengan backlink yang banyak. Tapi sekarang zaman itu telah lewat. Trik SEO telah banyak berubah setelah negara api menyerang (kayak fim avatar aja, hehe). Sekarang zamannya kontent is the king. Value sebuah konten yang kita hadirkan sangat menentukan posisi SERP blog kita di search engine google.

apakah bisnis online itu sulit?

Lalu apakah kedepan semakin sulit ? dengan begitu ketatnya pengawasan bot spider google dalam merayapi setiap kontent di blog kita ? yuk !! bangun lupakan semua itu. Berpikir semacam ini hanya akan menguras energi sia-sia aja. Sekarang mari kita beradaptasi dan merubah mindset dalam berbisnis online. Mari lebih kreatif dan selalu update dengan ingo-info terbaru.

Google hadir beberapa tahun dari Yahoo, lihat siapa yang menguasai pasar search engine sekarang ? Facebook sebagai pendatang baru mampu menggeser Friendster dan Myspace yang sempat mengusai pasar jejaring sosial di eranya. Kita terkadang menyalahkan sesuatu diluar diri kita sendiri jika kita mengalami kegagalan.

Belakangan ini waktu saya lebih banyak mengurus VPS hosting di digital ocean untuk mengorbitkan beberapa mesin wordpress. Ternyata tidak mudah mempunyai hosting pribadi. Banyak sekali kendala yang saya alami, mulai dari server Apache yang selalu eror dan tidak bisa direstart, diganti dengan web server Nginx juga sama sampai propagasi domain dari freenom yang tak kunjung menunjukan hasil setelah server diinstall ulang dan set panel hosting baru, duh! sulitnya. Hingga akhirnya saya membiarkan server ngangur begitu saja karena hampir putus asa.

Baca juga --> Cara install panel webuzo di VPS DO
Baca juga --> Cara install Kloxo Mr di server Centos

Bahkan seorang rekan karena prihatinnya mungkin mengirim PM ke saya di facebook untuk membantu memanage ulang panel dan mencoba koneksi dengan domain miliknya.

Ini hanya sedikit gambaran dari peristiwa yang saya alami belakangan ini yang hampir saja menghentikan proyek tersebut karena kesal VPS hosting tidak mau diajak kompromi. Padahal bisa jadi karena kesalahan-kesalahan dari diri saya sendiri.

Peristiwa ini membuat saya instropeksi diri, bagaimana seringnya saya menyalahkan keadaan diluar dari pada menyalahkan diri sendiri. Kita sebenarnya tidak maksimal gagal fokus, malu bertanya kepada yang lebih mahir dari kita karena gengsi atau alasan apalah itu.

Hai Bung!! gak ada yang sulit dalam berbisnis online itu, yang membuat sulit itu justru diri kita sendiri. Tidak mau lebih maksimal berusaha, gampang putus asa dan berharap semua itu dapat diperoleh dengan cara instant. Halah..!!

Mohon maaf bukan bermaksud membicarakan siapapun, ini hanya renungan bagi kita semua terutama bagi diri saya sendiri agar selalu belajar dan berusaha tanpa pantang menyerah. Semoga bermanfaat sebagaimana saya juga berharap kedua anak saya yang masih kecil DAnish Fathurrahman dan Meutia Habibin-Nur menjadi insan soleh dan solehah kelak serta memberi manfaat kepada sesamanya. Spesial untuk putra kami yang sudah mendahui Muhammad Fauzhan Azhim, Tunggu kami disurga sana.

Baca juga --> Membangun sikap mental Blogger sukses

18 comments:

  1. Setuju, memang kita fokus dan tetap berusaha dengan maksimal dan patang menyerah.

    ReplyDelete
  2. kalau udah begini bukan cuma bisnis online saja ya yang sulit, bahkan untuk semua aktivitas blogging jadi sulit bagi yang ilmunya pas-pasan kayak saya ini. hehee makasih infonya..

    ReplyDelete
  3. Perlu terus belajar, tekun dan bersabar memang
    Kalo ingin mendalaminya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, semangat terus untuk belajar :)

      Delete
  4. nah kang. saya memang berencan mau nyewa VPS dalam dan luar negeri. untuk keperluan blogging. tapi ada daya, setelah baca-baca banyak referensi, VPS memang sulit, gak jadi deh, setia sama shared hosting aja dulu kang.

    ReplyDelete
  5. Bisnis omline memang ada pasang surutnya...namun ketika surut tidak akan membuat kita lemah semangat ya mas? Maju teyussss pantang mundur...hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah. pak guru bikin semangat aja nih . maju terusss (y)

      Delete
  6. kalau saya lebih suka yang direkomendasikan langsung dari mbahnya untuk sekarang. seperti yang sobat tahu banyaknya algoritma google seperti diatas cara-cara tidak wajar penghasilan besar sifatnya hanya sesaat cape

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas. jika ingin menjadikan bisnis ini dalam jangka panjang kita harus memperhatikan webmaster guidlines.

      Delete
  7. ya yang terpenting dalam berbisnis kita harus kerja keras,terus berusaha dan berdo'a agar semaunya di permudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam bisnis. baik online maupun offline, tetap harus rajin, dan kretif...dan bergabunglah bersama orang-orang yang berpikiran maju. penuh dengan semangat

      Delete
  8. amiin ya rabb,,atas doa di baris terakhir,memang bisnis onlie tidak mudah,tapi juga belum tentu sulit,kegigihan,kerja keras,telaten dan sedikit polesan dari para senior mungkin bisa jadi jalan untuk mempermudah bisnis online...thanks gan atas info ini

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan