Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Layar Laptop Gelap Atau Mati?

· · 5 comments
Laptop Nyala Tapi Layar Tetap Blank, Kenapa? - Pernah mengalami layar laptop tiba-tiba ngeblank padahal laptopnya nyala?. Hal ini biasanya sering terjadi ketika laptop terjatuh, atau layar mati ketika laptop sedang dioperasikan. Dibawah ini ada beberapa hal yang menyebabkan LCD laptop tidak menampilkan gambar walaupun mesin laptopnya hidup :

1. Chipset VGA
Chipset VGA laptop yang telah rusak atau tidak dapat bekerja lagi menyebabkan layar laptop gelap dan mati. Penyebab chipset rusak biasanya karena laptop terlalu lama dan sering bekerja menampilkan tampilan tinggi, seperti memainkan game-game berat dilaptop.

Saya pernah mempunyai laptop Conpaq dengan processor AMD yang biasa digunakan untuk memainkan game yang terbilang tidak cocok dimainkan dilaptop seperti game GTA. Tiba-tiba layar ngeblank begitu saja. Setelah dicheck ternyata chipset VGAnya telah rusak. Tips bagi rekan yang terpaksa memainkan game berat di Laptop maka jangan melebihi 1 jam pemakaian. Artinya laptop harus diistirahat atau dibuat jedah setiap 1 jam pemakaian.

penyebab layar laptop mati total

Cara yang paling mudah memeriksa LCD blank karena chipset VGA rusak, coba hubungkan laptop dengan layar atau monitor ekternal, jika tidak mau tampil, kemungkinan besar laptop rekan harus segera diservice bagian chipset VGA atau lakukan penggantian dengan chipset baru.

2. Flexibel, inverter rusak
Jika pengetesan menggunakan monitor eksternal layar tampil. Maka kerusakannya bisa disebabkan kabel flexibel atau inverter rusak. Saya pernah mendapatkan servisan laptop acer yang layarnya putih total, namun layar tampil ketika disambung kemonitor PC (personal computer). Setelah saya bongkar ternyata kabel flesible yang mengarah ke mainboardnya tidak terpasang dengan benar alias longgar.

3. LCD Rusak 
Ini bisa diakibatkan laptop terbanting atau terjatuh sehingga LCD pecah, terlihat bergaris. Jika kasusnya seperti ini, maka segera lakukan penggantian LCD atau layar laptop yang baru.

Ada juga beberapa kasus yang saya temui, LCD tidak pecah atau bergaris namun laptop terkadang bisa hidup jika sudah agak panas. Nah ini menandakan LCD atau layar laptop kita sudah lemah dan segera lakukan penggantian layar. Moga manfaat, begitulah.

Baca juga --> Cara mengatasi driver sound bermasalah di windows 7 dan 8

5 comments:

  1. laptop pamanku juga pernah layarnya ngblank gitu,,terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. Saya ingin bertanya laptop saya samsung seri 300 E, semalam dalam kondisi nyala dan masih di cas.. Lalu saya ketiduran dan akhirnya laptop saya mati, mesin masih nyala tapi layar mati total... Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  3. Saya ingin bertanya laptop saya samsung seri 300 E, semalam dalam kondisi nyala dan masih di cas.. Lalu saya ketiduran dan akhirnya laptop saya mati, mesin masih nyala tapi layar mati total... Bagaimana solusinya?

    BalasHapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasanya bagian chippset VGAnya mas, bisa di reball atau diganti. kalau diganti lumayan besar biayanya. coba bawa ke tukang service terdekat.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan